Apple menghilangkan Home Button di iPhone X, setelah menjadi tombol utama di iPhone selama 10 tahun. Dibalik hilangnya Home Button, ada 15 gesture dan kombinasi tombol baru yang dapat kamu lakukan di iPhone X. Apakah kamu rindu dengan Home Button di iPhone X? Ada cara unik dan mudah untuk mengembalikan fitur tersebut meskipun secara tombol virtual.

Advertisement

Ya, virtual alias menggunakan AssitiveTouch! Berikut ini cara lengkap mengatur AssitiveTouch di iPhone X agar bisa bekerja seperti Home Button:

1 Masuk ke Settings > General > Accessibility > AssistiveTouch.

2 Aktifkan AssitveTouch.

3 Pada bagian Custom Actions. Pilih Single-Tap (Home), Double-Tap (Multitasking). Sisanya adalah Long Press untuk Siri dan 3D Touch yang bisa kamu gunakan untuk fitur tambahan – saya pribadi menggunakan untuk Screenshot.


Selesai, sekarang tinggal letakkan AssitiveTouch di bagian tengah bawah layar. Warnanya yang putih dan berbentuk bulat bisa membuat kamu kembali ingat dengan Home Button sebagai langkah adaptasi awal menggunakan iPhone X. Sebagai tips tambahan, silakan atur Idle Opacity atau tingkat transparan tombol AssitiveTouch saat tidak digunakan ya agar membuat tampilan lebih minimalis.