Video pembedahan yang dilakukan iFixit terhadap iPhone X akhirnya sudah hadir. Pembedahan tersebut mengungkap secara gamblang perubahan besar-besaran yang dibawanya di bagian internal seperti halnya di bagian eksternal dengan layar bezeless-nya.

Advertisement

Salah satu komponen berukuran besar dan mencolok dari iPhone X adalah baterainya. iPhone baru tersebut dilengkapi dua sel baterai dengan desain yang membentuk huruf L. Kapasitas baterainya adalah sebesar 10,35 Wh atau 2716 mAh dengan 3,81 V.

Kapasitas baterai iPhone X lebih besar daripada yang dimiliki iPhone 8 Plus. Baterai di iPhone yang punya bodi bongsor lantaran masih ada bezel atas dan bawah tersebut berkapasitas 10,28 Wh atau 2691 mAh dengan 3,82 V.

Berikutnya adalah komponen Logic Board. iPhone X disebutkan dilengkapi dengan Logic Board yang lebih padat dengan ukuran 70 persen dari yang dimiliki iPhone 8 Plus. Sehingga menyisakan ruang lebih banyak untuk baterai.

Setelah ditelusuri, Logic Board milik iPhone X terdiri atas dua tingkat yang dilipat dan disolder bersamaan. Area keseluruhan Logic Board-nya memiliki ukuran mencapai 135 persen dari yang dimiliki iPhone 8 Plus.

Komponen kamera lensa ganda di iPhone X juga mendapatkan sorotan. Kamera lensa gandanya dilengkapi dengan bracket baru. Desain vertikalnya ternyata bukan tanpa alasan, Apple membuatnya sedemikian rupa agar tidak mengganggu sistem kamera TrueDepth yang mendukung Face ID.

Komponen konektor Lightning di iPhone X juga diperkuat dengan bracket dan baut baru. Sedangkan beragam sensor yang disematkan di Notch melekat pada komponen layar. Selengkapnya bisa kamu simak dalam videonya di bawah ini:

Selebihnya adalah penampakan chip prosesor A11 Bionic yang terletak di tengah Logic Board, modem LTE MDM9655 buatan Qualcomm yang tidak mendukung kecepatan Gigabit; sedangkan modem dari Intel XMM7480 mendukungnya, kontroler wireless charging BCM59355 buatan Broadcom; dan lainnnya.



Untuk kemudahan perbaikan iPhone X, iFixit memberikan skor 6 dari 10. Dalam artian, memperbaiki iPhone X tidaklah terlalu susah. Dengan catatan, hanya ada dua komponen iPhone X yang mudah diganti adalah layar dan baterai. Lapisan layar yang pecah bisa diganti tanpa mencabut komponen biometrik Face ID.