iPhone X sudah memulai debutnya di beberapa negara di dunia, Jumat, pekan kemarin. Menyusul hal itu, Samsung melancarkan “serangan” terbarunya untuk menghalau penjualan iPhone baru dengan layar bezeless tersebut.

Perusahaan raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut baru saja merilis video iklan terbaru flagship smartphone Android besutannya. Iklan tersebut berisi sindiran terhadap kelemahan yang dimiliki model-model iPhone, mulai dari yang jadul hingga yang jaman now.

Berjudul “Grow up with an upgrade to Galaxy”, iklan baru dari Samsung tersebut pertama menyindir iPhone 3Gs. iPhone yang diluncurkan pada 2010 itu disindir karena kapasitas storage internalnya yang sangat tidak mencukupi untuk menyimpan foto.

Berikutnya iPhone 5s yang tidak mendukung perangkat stylus seperti didukung Galaxy Note. Kemudian iPhone 6s di mana sekumpulan konsumen yang sedang mengantre di bawah guyuran hujan pada 2015.

iPhone 7 juga tak luput dari sindiran. Samsung dalam iklannya menunjukkan bahwa iPhone tersebut tidak tahan air sehingga harus dimasukan mangkuk berisi beras. Nyatanya, iPhone 7 sudah dilengkapi fitur tahan air dengan sertifikat IP67.

iPhone yang sama juga disindir karena beberapa fitur lain, seperti tidak punya jack headphone 3,5mm dan tidak mendukung pengisian baterai tanpa kabel (wireless charging). Meskipun, iPhone 2017 kini sudah mendukungnya.

Sindiran terakhir dialamatkan kepada iPhone X. Samsung menunjukkan seorang pengguna iPhone akhinya beralih menggunakan Galaxy Note dan melihat sekumpulan orang mengantre iPhone X. Salah seorang pengantre memiliki gaya rambut mirip seperti Notch di iPhone X.

Ini videonya:



Iklan sindirian untuk iPhone ini adalah yang kedua dirilis Samsung dalam beberapa waktu terakhir. Sebelumnya, mereka juga merilis iklan Galaxy S8. sehari sebelum iPhone resmi diluncurkan Apple. Iklan itu memfokuskan pada layar OLED yang kini juga dimiliki iPhone X.

Samsung sendiri memang sudah biasa menyindir Apple dalam iklan-iklannya. Namun saya sangsi pengguna iPhone bakal gampang beralih ke smartphone besutannya mengingat tingkat kesetiannya mereka cukup tinggi.