Para pengguna ponsel cerdas berbasis Android pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Google Play. Nah, kini para pemakai Android di Indonesia semakin punya banyak pilihan untuk membeli aplikasi berbayar atau item di Google Play Store, karena sudah bisa menggunakan voucher. Voucher Google Play pun sudah bisa didapatkan di Indomaret dengan harga beragam, mulai Rp150 ribu, Rp300 ribu, hingga Rp500 ribu, belum termasuk biaya PPN 10 persen.

Advertisement

Voucher Google Play sejatinya sudah tersedia di Indomaret sejak bulan April 2016 lalu. Kode Voucher Google Play ini bisa dibeli dengan uang tunai maupun dengan metode pembayaran yang tersedia di gerai Indomaret. Pengguna bisa datang ke mesin ‘kiosk’ yang tersedia di dalam gerai, memilih nominal yang diinginkan, lalu menghampiri meja kasir untuk pembelian kode Voucher Google Play.

“Setelah membayarnya, Anda akan mendapatkan bon dari kasir yang berisi kode Voucher Google Play (di bon bertuliskan ‘Kode’ yang terletak di atas ‘Nomor Seri’) berupa dua puluh digit angka dan huruf,” tulis Chandry Tasofa dalam ulasannya di Tech in Asia. “Simpan bon ini baik-baik karena kode tersebut nantinya akan Anda tukarkan di aplikasi Google Play Store.”

Nah, untuk menukarkan kode voucher Gift Card dari Indomaret, buka aplikasi Google Play dari perangkat Android Anda dan pilih opsi menu (ikon berbentuk tiga garis) yang terletak di pojok kiri atas layar smartphone. Setelah itu, pilih opsi ‘Redeem’ yang terletak di atas ‘Setting’, masukkan kode yang tertera di bon, lalu tekan tombol hijau bertuliskan ‘Redeem’. Setelah itu, akan muncul layar konfirmasi akun.

Seperti diulas di atas, ada tiga pilihan saldo Voucher Google Play di Indomaret, yaitu Rp150.000, Rp300.000, dan Rp500.000. Harga ini belum termasuk PPN 10 persen. Jadi, jika Anda membeli Voucher Google Play dengan harga Rp150.000 misalnya, maka Anda harus membayar Rp165.000, sedangkan voucher Rp300.000 seharga Rp330.000, dan nominal voucher Rp500.000 diharuskan membayar seharga Rp550.000.