Tips & trik

Cara Membuat Stop Motion di Instagram

Setelah membawa fitur Story ke dalam platform-nya, Instagram selalu menambahkan beberapa hal unik ke dalam fitur tersebut. Salah duanya adalah fitur Super Zoom dan Stop Motion.

“Copy-paste-edit” mungkin istilah yang tepat untuk apa yang dilakukan oleh Instagram. Platform media sosial berbasis gambar ini tidak hanya menyalin fitur Story dari tetangga sebelah, tapi juga menambahkan beberapa fitur baru untuk membuat Story menjadi lebih menarik.

Sebelumnya, fitur Story Instagram telah menyajikan efek yang berbeda dari trend setter fitur Story, Snapchat, seperti efek Boomerang yang akan memudahkan pengambilan vidio mini dengan loop bolak-balik.

Disusul kemudian beberapa efek baru lainnya, seperti SuperZoom yang dapat digunakan untuk membuat video lucu dengan suara dramatis dan Rewind yang dapat digunakan untuk membuat video berjalan terbalik.

Yang paling baru, Instagram sedang menguji coba efek baru dengan sebutan Stop Motion untuk Instagram Story. Efek Stop Motion merupakan efek yang dapat digunakan untuk mengambil serangkaian foto dan mengubahnya menjadi animasi seperti gambar gerak berformat GIF.

Efek ini juga dapat bekerja seperti pengambilan gambar Story lainnya, dimana kita dapat mengeditnya sebelum diunggah, seperti menambahkan teks maupun stiker. Namun perlu digarisbawahi, pengeditan gambar hanya dapat dilakukan setelah seluruh gambar terekam, kita tidak dapat mengedit gambar satu per satu.

Cara Membuat Stop Motion di Instagram Story

Efek Stop Motion Instagram masih dalam tahap uji coba. Instagram belum mengumumkan secara pasti kapan efek ini akan hadir ke dalam fitur Story. Namun saat sudah dirilis, efek ini akan hadir bersamaan dengan pembaruan aplikasi jejaring sosial tersebut. Oleh karena itu, kita harus memasang aplikasi Instagram versi terbaru untuk dapat menggunakan efek ini.

Unduh versi terbaru Instagram di Google Play Store atau iTunes

Jika sudah terpasang, buka aplikasi Instagram

Slide atau usap layar ke kanan untuk memunculkan menu Story

Geser menu Normal ke menu Stop Motion

Tekan tombol Capture

Tunggu pengambilan gambar, dan tekan Done untuk selesai

Edit gambar dengan menu pengeditan yang tersedia, seperti menambahkan stiker, teks, maupun coretan lainnya

Klik Your Story

Instagram tidak menyebutkan apakah efek ini akan dirilis secara global. Namun, jika efek ini benar-benar berhasil dalam tahap uji coba, saya berharap Indonesia pun bakal kecipratan efek ini.

Comments
To Top