Afterlighta 2 adalah aplikasi baru dari tim pengembang Afterlight Collective. Setelah sukses dengan Afterlight selama beberapa tahun, kini versi barunya siap kamu unduh dan membawa banyak hal baru! Saya sudah mencoba Afterlight 2 dan ingin berbagi reviewnya kepada anda Yuk simak!

Advertisement

Mengenal Afterlight 2

Tidak seperti Afterlight pertama yang fokus pada konten filter dan edit gambar serta frame, Afterlight 2 punya beberapa fitu baru. Yaitu Design Tools dan Advanced Tools.

Sesuai dengan namanya, Design Tools berguna untuk menambahkan unsur edit gambar yang lebih bertemakan desain grafis – tidak sekedar filter gambar saja. Seperti Typography, Artwork dan juga sistem Layering gambar yang sangat membantu proses edit dengan beberapa dokumen gambar.

Fitur baru berikutnya adalah Advanced Tools. Bagian ini berguna untuk mengedit gambar secara lebih maksimal dan pengaturan lengkap. Mulai dari mode Curves, Selective Hue/Saturation dan lain sebagainya. Tentunya semua langkah ini dibuat tetap mudah dan ramah digunakan oleh pengguna iPhone. Yuk langsung lanjut ke cara menggunakan Afterlight 2!

Edit Gambar dengan AfterLight 2

Setelah mengunduh Afterlight 2 di App Store, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memilih gambar yang akan kamu edit. Setelah itu pengguna akan masuk ke tampilan utama seperti gambar di atas. Semua tombol editing di Afterlight 2 dibuat sangat rapi, berada di bagian bawah dengan 5 tombol utama. Dari kiri ke kanan adalah Crop, Details, Filter, Typography dan Layer.


Setiap tombol tersebut juga menyimpan sekitar 5 hingga 10 pengaturan tambahan. Misalkan untuk Crop, di dalamnya terdiri dengan Crop, Rotate, Flip H, Flip V, Straighten, Skew H dan Skew V. Bagian berikutnya adalah Details yang berisi lebih banyak, antara lain adalah Curves, Brightness, Contrast, Vibrance, Clarify, Grain dan lain sebagainya.

Secara sederhana, edit gambar di Afterlight 2 terbagi dalam 2 cara. Secara manual yaitu menggunakan mode Details untuk mengubah setiap bagian yang diperlukan atau menggunakan koleksi Filter. Kamu juga bisa menggabungkan kedua hal tersebut misalkan memberikan Filter gambar dan mengolahnya lagi di bagian Details.


Bicara masalah Filter gambar, Afterlight 2 punya 3 sub menu yang bisa kamu gunakan secara maksimal. Pertama adalah Original yang berisi beragam filter dari tim Afterlight 2. Kedua adalah Fusion alias kombinasi Details dan Filter yang kamu buat sendiri untuk kembali digunakan pada gambar lain. Terakhir adalah Collection yang berisi beragam Filter dari fotografer yang bekerjasama dengan Afterlight 2. Semua bagian Filter di Afterlight 2 tadi dapat kamu gunakan secara gratis dan bahkan Filter di menu Collection juga akan bertambah setiap bulannya dengan koleksi baru.

Mode Typography.


Mode Typography adalah fitur baru dari Afterlight 2 yang belum ada di versi sebelumnya. Bagian tersebut terdiri dari 3 tombol yaitu Text untuk menambahkan kata yang ingin kamu tulis di gambar, Artwork yang berisi beragam template kata dalam bentuk yang menarik dan terakhir adalah Layer. Setelah memilih mode Text Atau Artwork, kamu juga bisa melakukan beberapa mode editing yang diperlukan ya! Mulai dari mengganti warna, hapus bagian yang tidak diperlukan untuk membuat efek emnarik atau mungkin warna latar belakang dari teks tersebut.


Sudah selesai mengedit gambar favorit kamu dengan Afterlight 2? Silakan tekan tombol Done di bagian kanan. Kamu bisa melakukan beberapa pengaturan akhir sebelum menyimpan gambar. Mulai dari membuat frame dalam bentuk bawaan atau mengubah gambar menjadi persegi, simpan gambar dalam 3 pilihan resolusi hingga mode membagikan gambar ke sosial media yang didukung. Seperti iMessage, Twitter, Facebook, Instagram dan beragam lainnya.

Segera Unduh Afterlight 2!


Saya sudah mencoba Afterlight 2 selama beberapa jam dan sangat menikmati aplikasi ini. Beberapa hal favorit di Afterlight 2 yang sudah saya coba adalah filter yang lengkap, Collection yang terus mendapatkan update, beberapa pengaturan Details yang tidak ada di aplikasi lain serta mode simpan gambar dengan pengaturan tambahan.

Afterlight 2 dapat kamu unduh dengan harga 45 ribu Rupiah saja untuk perangkat iPhone (iOS 9 atau lebih baru). Tidak ada sistem berlangganan atau mode berbayar di dalamnya lagi, cukup bayar sekali dan selamat menggunakan Afterlight 2 sepuasnya!