Tren mengenai kopi saat ini telah berkembang cukup pesat tengah masyarakat. Terlebih di Indonesia yang memiliki banyak jenis kopi di setiap daerahnya masing-masing, kopi pun kini makin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Advertisement

Berbicara mengenai hubungan kopi dengan perkembangan teknologi saat ini, ternyata telah bermunculan begitu banyak apliaksi yang dapat membantu memperluas pengetahuan tentang kopi loh. Dan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai beberapa aplikasi canggih yang wajib dimiliki oleh para penikmat kopi:

KoHi – Pour Over Coffee Brewing.


KoHi yang dibuat oleh KoHi Labs ini hadir dan berkembang menjadisalah satu aplikasi penting yang harus dimiliki oleh kalian yang ingin belajar bagaimana caranya membuat kopi secara profesional.

Aplikasi ini menghadirkan berbagai metode manual brewing yang banyak digunakan, entah itu Chemex, French Press, V60, Aeropress, atau metode lainnyaa, dan dapat menentukan sendiri berapa banyak rasio perbandingan biji kopi dan air yang harus digunakan untuk melakukan penyeduhan kopi. Aplikasi ini juga menyediakan informasi mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan semua prosesnya. Tentu dengan langkah-langkah mudah yang memudahkan para penggunanya.

Coffitivity.


Bagi sebagian orang, kedai kopi dianggap sebagai sebuah lokasi yang tepat untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan bersama laptop mereka. Hal tersebut juga didukung oleh sebuah penelitian yang membuktikan bahwa suara dan suasana yang ada di kedai kopi dapat membantu orang untuk lebih berkonsentrasi dalam bekerja.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukan hal tersebut. Nah, menggunakan aplikasi Coffitivity kalian bisa membawa suasana kedai kopi yang ‘khas’ untuk dirasakan kapanpun dan dimanapun kalian butuhkan. Aplikasi ini memiliki berbagai pilihan suara yang bisa didengarkan menggunakan headset ataupun earphone dan membawa kalian seolah-olah berada di sebuah kedai kopi. Menarik bukan?

Beanhunter.


Bagi kalian para pelancong yang suka memburu kopi di berbagai tempat yang kalian singgahi, aplikasi Beanhunter merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk kalian gunakan. Aplikasi ini dapat membantu kalian untuk menemukan berbagai kedai kopi dimanapun kalian berada. Pergi kemanapun tidak akan kehilangan rasanya ngopi deh!

Intelligentsia Coffee.


Bukan hanya menyediakan biji kopi yang berkualitas bagi para pelanggannya, Intelligensia Coffe sebagai sebuah specialty coffee roaster asal Chicago juga membuat sebuah aplikasi yang diperuntukan untuk para penikmat manual brewing.

Menggunakan aplikasi ini, kalian akan menemukan berbagai informasi cara menyedduh kopi, mulai dari Cafe Solo, Pour Over, Chemex, Shipon dan juga French Press. Masing-masing dijabarkan dengan begitu detail disertai dengan ilustrasi gambar.

UP Coffee.


Jika pada daftar aplikasi sebelumnya, semua aplikasi ditujukan untuk memudahkan penggunanya membuat kopi, aplikasi yang satu ini tidak ada hubungannya dengan cara membuat kopi. UP Coffee sendiri merupakan sebuah aplikasi yang membantu kalian untuk menghitung seberapa banyak kopi yang kalian minum hari ini dan kapan kalian harus berhenti meminum kopi. Ini adalah aplikasi pengingat yang memberi tahu efek yang bisa dirasakan jika terlalu banyak mengonsumsi kafein.