Sebagai pengguna produk Apple, kamu pasti punya akun Apple ID donk! Hari ini ada sebuah perubahan kecil yang cukup menarik. Yaitu Apple mengijinkan proses ganti email Apple ID dari penyedia layanan pihak ketiga menjadi email dengan alamat @icloud.com, @me.com, atau @mac.com.

Apple customers who have an Apple ID that uses a third-party email address can update that Apple ID to use an Apple @icloud.com, @me.com, or @mac.com email address.


Sebelum catatan baru ini, Apple hanya mengijinkan pengguna Apple ID untuk mengganti email dari layanan pihak ketiga yang kamu gunakan untuk Apple ID, dengan email dari layanan pihak ketiga lainnya. Ambil contoh awalnya kamu menggunakan alamat email dari @yahoo.com dan ganti menjadi @gmail.com. Kini kamu bisa mengganti email dari @yahoo.com tersebut ke @icloud.com, @me.com, atau @mac.com selama username yang diinginkan masih tersedia.


Dikutip dari laman MacRumors, informasi ini berasal dari salah satu pembaca mereka bernama Dillon. Pengguna Apple ID tersebut telah mengirimkan email kepada Tim Cook, Craig Federighi, Phil Schiller dan Eddy Cue mengenai keluhan dan masukkanya untuk proses ganti email Apple ID. Setelah sepekan tanpa kabar, tiba-tiba dia dihubungi oleh Apple Executive Relations yang menjelaskan bahwa masalah tersebut akan disampaikan pada tim teknis dari Apple untuk mendapatkan perbaikan. Dillon akhirnya dihubungi kembali oleh Apple yang menyatakan bahwa masalah tersebut sudah dibereskan, dia dapat menggunakan email dari Apple untuk layanan Apple ID.

Apple juga sudah memberikan catatan serupa di laman Change your Apple ID. Dalam catatan tersebtu di tulis, ada sebuah langkah penting yang harus kamu pahami sebelum mengganti alamat email Apple ID. Yaitu silakan logout atau keluar dari Apple ID tersebut di semua perangkat Apple yang kamu gunakan. Apple juga menjelaskan setelah mengganti alamat email pihak ketiga ke email dari Apple, pengguna tidak bisa lagi kembali ke layanan email pihak ketiga sebagai informasi Apple ID. Panduan lengkap untuk menggunakan layanan ini dapat kamu baca di laman Apple Support baik untuk pengguna iOS atau lewat web di appleid.apple.com

Sebagai tambahan, fitur ini kabarnya belum berjalan secara lancar untuk semua pengguna. Jika kamu mengalami kendala saat mengubah Apple ID dari layanan email pihak ketiga ke email dari Apple, silakan kontak Apple Support atau tunggu perbaikannya dalam waktu dekat.