Buat para calon pembeli iPhone X, kamu tampaknya harus lebih hati-hati untuk melindungi iPhone baru milikmu tersebut dari berbagai kerusakan komponen, termasuk kerusakan layar. Pasalnya, biaya perbaikan di luar garansinya bisa menguras habis tabungan, alias sangat mahal.

Advertisement

Dalam laman iPhone service pricing, Apple sudah mencantumkan daftar harga perbaikan layar dan kerusakan komponen iPhone X. Harga perbaikan layar iPhone yang siap melenggang di pasaran minggu ini dipatok sebesar $279 atau hampir Rp 4 juta.

Sedangkan untuk kerusakan lainnya kamu harus merogoh kocek jauh lebih besar lagi. Biaya perbaikannya mencpai $549 atau setara dengan banderol harga iPhone 7 di pasaran Amerika Serikat saat ini.

Harga perbaikan iPhone baru tersebut bahkan hampir dua kali lipat dari iPhone 7 Plus dan iPhone 8 Plus yang dipatok sebesar $169. Sementara itu, perbaikan layar iPhone 8 dan iPhone 7 masing-masing sebesar $149.


Biaya perbaikan kerusakan layar dan komponen iPhone X lainnya lebih mahal lagi di negara-negara di luar AS, seperti Australia, Kanada, Jerman, dan Inggris. Di Australia misalnya, Apple mematok harga perbaikan layar sebesar Rp 4,3 juta dan perbaikan untuk kerusakan lainnya sebesar Rp 8,5 juta-an.

▪ Australia: $419 (perbaikan layar), $819 (kerusakan lain)

▪ Kanada: $359 (perbaikan layar), $709 (kerusakan lain)

▪ Jerman: €321 (perbaikan layar), €611 (kerusakan lain)

▪ Inggris: ‎£286 (kerusakan layar), ‎£556 (kerusakan lain)


Harga perbaikan layar dan kerusakan iPhone X memang sangat mahal. Namun bukan berarti kamu tidak diberi pilihan untuk mendapatkan harga perbaikan jauh lebih murah. Caranya adalah dengan membeli layanan garansi AppleCare+ seharga $199 yang mencakup dua kerusakan yang tidak disengaja.

Dengan AppleCare+, kamu bisa mendapatkan harga perbaikan layar iPhone X milikmu sebesar $29 (Rp 394 ribu). Sedangkan untuk kerusakan lain yang dialami cuma $99 atau Rp 1,3 juta-an.

Namun pilihan terbaik dari dua pilihan di atas adalah tentunya kamu harus melindungi iPhone X dengan menggunakan case yang banyak dijual di pasaran. Kamu bisa membeli case resmi yang dijual Apple atau dari pihak ketiga.

Buat yang berencana beli iPhone X, kamu bisa mempertimbangkan 5 case yang sudah tim di review buat melindunginya dari kecelakaan-kecelakan yang mungkin terjadi.