Software

Update MIUI 9 Versi Stabil Segera Beredar Bulan Depan

Sejak Xiaomi pertama kali memperkenalkan MIUI 9 pada bulan Juli lalu, perusahaan yang bermarkas di Tiongkok ini secara rutin telah mengedarkan update beta tertutup dan beta publik untuk semua perangkat yang masuk dalam daftar dukungan. Dua bulan berselang semenjak update beta dirilis, banyak orang yang penasaran kira-kira kapan update versi stabil untuk antarmuka paling anyar ponsel Xiaomi tersebut akan mulai diedarkan.

Rumor yang berasal dari FoneArena menyebutkan bahwa update versi stabil MIUI 9 akan mulai beredar pada pekan pertama bulan November. Update antarmuka terbaru tersebut diprediksi akan segera menyambangi perangkat sepanjang bulan November ini, meski nama perangkat yang akan pertama kali mendapatkannya masih belum dapat dipastikan.

Kabar soal kedatangan update MIUI 9 pada bulan depan ini secara tidak langsung turut diisyaratkan pula oleh adanya penundaan rilis update beta tertutup dan beta publik pada pekan ini. Menanggapi hal tersebut, pihak pengembang mengatakan, “Agar lebih fokus dalam berkonsentrasi pada parameter seperti stabilitas dan optimalisasi sistem MIUI, kami memutuskan untuk menunda update yang sedianya akan digulirkan pada pekan ini.”

MIUI 9 diharapkan bisa menjadi perangkat lunak yang solid untuk Xiaomi. Pembaruan yang digulirkan juga akan menjanjikan kecepatan peluncuran aplikasi yang lebih gesit dan mode layar terpisah yang merupakan salah satu ciri khas dari sistem operasi Android Nougat.

MIUI 9 juga akan membenamkan beragam fitur unggulan lainnya, seperti kemampuan untuk memfilter foto dengan kata kunci, Xiaomi Smart Assistant yang siap jadi penantang Google Assistant, Siri, dan Alexa serta kemampuan untuk meluncurkan aplikasi spesifik berdasarkan apa yang ditampilkan di layar. Sayangnya, ketiga fitur ini hingga kini eksklusif untuk Tiongkok, mungkin karena ketergantungan mereka pada pengenalan bahasa.

Berikut adalah daftar perangkat mana saja yang kemungkinan besar akan mendapatkan MIUI 9 Global Stable ROM:

Mi Mix

Mi Mix 2

Mi 5/4 / 4i / 3

Mi Max 2

Mi Max / Prime

Redmi Note 4/3 / Prime

Redmi 4 / 4A

Redmi 3S / Prime / Plus

Redmi 2 / Prime

Sebagai catatan singkat, Redmi 2 yang diluncurkan pada tahun 2015 ternyata juga masuk dalam daftar yang akan mendapatkannya. Lebih mengesankan lagi, perangkat seperti Mi 3 yang meluncur pada tahun 2013 ternyata juga akan mendapatkan pembaruan. Selain Xiaomi, Apple adalah satu-satunya perusahaan lainnya yang dapat memberikan dukungan serupa.

Comments
To Top