Berita

Rumor Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+

Samsung masih memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan kelahiran flagship berikutnya, Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Keduanya dikabarkan rilis tahun depan. Rumor dan bocoran duo Galaxy S9 ini telah berkembang luas, termasuk desain, spesifikasi, dan juga banderol harganya. Berikut ini rangkuman semua rumor Samsung Galaxy S9 yang diketahui terus berkembang hingga saat ini.

Desain

Seperti halnya Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+, Samsung dinilai masih mempertahankan desain bezel-less untuk dua flagshipnya ini. Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ diprediksi akan lebih merampingkan bezel yang sudah sangat tipis dengan berbagai peningkatan dan aspek body rasio mengikuti tren smartphone saat ini. Smartphone premium ini juga diyakini masih menggunakan body perpaduan alumium berlapis kaca pada flagship selanjutnya. Kabar baiknya, Samsung tetap mempertahankan fitur IP68 anti debu dan air, asisten virtual Bixby, dan salah satu perangkat Galaxy S9 series akan berbekal jack audio 3.5 mm. Kendati demikian, informasi sensor sidik jari perangkat ini masih simpang-siur, seperti rumor yang menyebutkan Samsung akan mempertahankan fitur ini di panel belakang. Padahal perangkat ini sangat diharapkan memiliki sensor sidik jari di panel depan. Apalagi Samsung diketahui telah mengajukan paten sensor sidik jari di panel depan.

Layar

Samsung diprediksi masih mempertahankan ukuran layar pada Galaxy S9 dan Galaxy S9+ seperti yang dimiliki generasi sebelumnya. Perangkat Galaxy S9 diyakini masih berbekal layar Super AMOLED 5.8 inci dengan resolusi quad HD 2960 x 1440 piksel, sedangkan Galaxy S9+ akan memiliki layar lebih besar berukuran 6.2 inci dengan resolusi yang sama. Kemungkinan duo flagship ini masih memiliki aspek rasio 18:5:9, diharapkan perangkat ini lebih nyaman dalam genggaman.


Spesifikasi Hardware

Samsung Galaxy S9 diharapkan akan disokong oleh prosesor milik Qualcomm dan Samsung. Pasar Amerika dan China kemungkinan akan ditenagai prosesor Snapdragon 845, sedangkan Galaxy S9 untuk pasar global lainnya akan dibesut dengan prosesor Exynos 9810 octa-core dengan manufaktur 10 nm. Selain itu Samsung diharapkan akan menghadirkan RAM berkapasitas minimal 6GB dan penyimpanan internal 64GB, serta dibekali slot microSD.

Kamera

Setelah sukses dengan dual kamera pada Galaxy Note8, Samsung diharapkan memberikan setup pengaturan dual kamera yang sama pada flagship Galaxy S9. Belum diketahui setup dual kamera utama ini akan diberikan pada kedua flagship Samsung selanjutnya, atau hanya barian Galaxy S9+. Samsung dinilai akan meningkatkan fitur aperture, optical zoom dan juga wide angle agar sektor kameranya semakin baik.


Software

Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ diprediksi akan menggunakan OS Android 8.0 sebagai sistem operasi bawaan. Samsung juga akan membesut calon flagshipnya dengan software Samsung Experience SE 9.0. Sedangkan aplikasi-aplikasi yang akan dimiliki akan memiliki fungsi yang sama seperti pendahulunya.

Baterai

Samsung dirumorkan akan membenamkan kapasitas baterai yang sama seperti pendahulunya pada Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Baterai smartphone ini diharapkan akan memiliki peningkatan yang lebih baik.

Informasi Harga dan Jadwal Rilis

Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ diperkirakan memiliki kisaran harga yang sama dibandingkan pendahulunya, dengan perkiraan USD 50 atau Rp650 ribuan lebih mahal. Samsung Galaxy S9 akan dibanderol seharga USD 725 atau sekitar Rp9,5 jutaan. Sedangkan Galaxy S9+ akan dibanderol USD 100 lebih mahal yaitu USD 825 atau Rp10.8 jutaan. Samsung diperkirakan akan merilis akan merilis Galaxy S9 pada Maret 2018 mendatang. Meski demikian terdapat rumor perusahana tersebut akan meluncurkannya pada Januari tahun depan.

Samsung masih memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan Galaxy S9 dan Galaxy S9+ dengan sebaik-baiknya. Flagship ini diharapkan memiliki desain dan spesifikasi yang lebih baik. Bocoran kedua perangkat ini diperkirakan akan terus berkembang.

Comments
To Top