Kesehatan merupakan sebuah hal yang sangat dibutuhkan setiap orang di dunia. Tidak heran, sektor kesehatan pun berkembang menjadi salah satu sektor yang berkembang dengan sangat pesat.

Advertisement

Salah satu perkembangan yang sangat terasa adalah kemudahan dalam mendapatkan informasi ataupun pelayanan kesehatan menggunakan aplikasi smartphone. Dengan dukungan dari perkembangan teknologi tersebut, menjadikan setiap hal yang berhubungan dengan kesehatan menjadi hal yang mudah untuk diakses.

Lalu, apa saja sih aplikasi kesehatan yang ada di Indonesia? Berikut adalah deretan aplikasi tersebut:

Medicaboo.


Medicaboo merupakan layanan direktori yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pemesanan jasa konslutasi dengan dokter serta memesan ruang rawat inap di rumah sakit wilayah Pekanbaru dan Jakarta. Startup ini diketahui telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 130 rumah sakit dan klink serta lebih dari empat ratus dokter di wilayah tersebut.

Homecare24.


Homecare24 merupakan layanan yang menyediakan jasa perawat secara online. Layanan ini memberikan berbagai pilihan di dalam pemesanan jasanya, mulai dari pemesanan satu jam, delapan jam, satu hari, bahkan hingga satu bulan (live in). Bekerja sama dengan lebih dari delapan ratus tenaga perawat, layanan ini sudah dapat dinikmati oleh pengguna yang berdomisili di wilayah Jabodetabek.

Popokbanjar.


Serupa dengan layanan Homecare24, Popokbanjar juga memberikan jasa pelayanan caregiver berbasis online. Popokbanjar menyediakan layanan tenagah asisten rumah tangga, baby sitter dan juga perawat yang dilengkapi dengan fasilitas CCTV. Layanan Popokbanjar sendiri masih baru bisa dinikmati oleh pengguna yang berdomisili di Banjarmasin, Banjarbaru dan sekitarnya.

Insan Medika.


Insan Medika merupakan sebuah perusahaan kesehatan yang bergerak di bidang layanan jasa caregiver berbasis aplikasi online. Melalui aplikasi mobile yang dihadirkannya ini, kalian dapat memilih perawat yang kalian inginkan dan melanjutkannyua dengan melakukan interview singkat untuk menentukan apakah ia cocok atau tidak.

Selain menyediakan jasa perawat, Insan Medika juga menyediakan jasa lainnya meliputi jasa Home Care untuk penanganan medis dari tenaga profesional di rumah, pelayanan pasien difabel atau berkebutuhan khusus, dan perawat Lansia.

Pasienia.

Pasienia merupakan aplikasi mobile yang menghubungkan antara pasien dengan penyakit yang sama untuk saling membantu dan berbagi. Menggunakan cara tersebut, layanan ini menghadirkan cara baru untuk menjembatani kegiatan konsultasi terkait penyakit yang dialami seorang pasien.

Riliv.


Riliv merupakan sebuah layanan yang menyediakan jasa konseling dengan psikolog secara online. Bukan hanya menawarkan jasa perseorangan, bahkan layanan satu ini juga menyediakan jasa konseling psikologi bagi perusahaan melalui program Employee Assistance Program (EMP).

Ovula.


Ovula merupakan layanan yang menghadirkan informasi terkait kesehatan reproduksi wanita melalui penggunaan apliaksi mobile. Melalui Ovula, pengguna wanita dapat mengetahui informasi terkait kehamilan dan kesehatan reporoduksi mereka.