Smartphone android dilengkapi dengan getar. Getar itu akan keluar jika kamu menyentuh tombol keyboard, tombol navigasi, atau tombol-tombol nomor. Memang fitur ini sangat membantu bagi sebagian orang. Tapi terkadang ada juga orang yang tidak ingin menggunakan fitur ini.

Jika kamu adalah salah satu orang yang ingin menonaktifkan fitur getar di smartphone android, kamu sedang membaca artikel yang tepat. Berikut ini adalah cara singkat menonaktifkan getar pada smartphone android.

Pertama, seperti biasa, buka menu Setelan. Kamu bisa mengaksesnya dari


Kemudian cari opsi “Suara & getaran”. Nama opsi mungkin berbeda tergantung dari merk dan tipe smartphone. Tinggal sesuaikan saja.notifikasi atau dari aplikasi berlogo Gear.


Nah, di dalam opsi “Suara dan getaran” ada 3 macam getaran yang bisa kamu nonaktifkan (atau aktifkan). Yaitu:

1. Getar saat ada panggilan – Artinya smartphone akan bergetar ketika seseorang menilpun kamu. Entah itu mantan, gebetan, ataupun orang nagih hutang. Nonaktifkan opsi ini jika kamu tidak ingin ada getaran ketika ada panggilan masuk.

2. Getar di mode hening – Ketika kamu mengaktifkan “mode hening”, smartphone akan tetap bergetar. Nonaktifkan jika kamu ingin tidak ada getaran saat mode hening.

3. Bergetar saat disentuh – Nah, ini adalah salah satu yang terpenting. Sentuhan yang kamu lakukan di keyboard, papan dial, atau tombol-tombol virtual smartphone akan menghasilkan getar jika opsi ini diaktifkan. Noanaktifkan jika kamu tidak ingin ada getaran di setiap sentuhan yang kamu lakukan.


Kamu bisa menonaktifkan sebagian atau semua opsi getar tersebut. Sesuaikan dengan kebutuhan.

Oh, ya, tahukah kamu kalau menonaktifkan getar pada smartphone android dapat menghemat baterai?

Selamat mencoba.