Hal yang pertama kali terpikirkan ketika kehilangan smartphone adalah data pribadi atau data penting lainnya yang ada dalam perangkat tersebut. Untuk mencegah orang yang tidak diinginkan melihat data tersebut, banyak aplikasi yang memungkinkan orang tersebut untuk tidak dapat melihatnya.

Advertisement

Dilansir dari Gizbot, untuk menghapus konten, mengunci perangkat, dan menemukan perangkat yang hilang, Anda dapat melakukannya dengan fitur bernama Find My Device yang berada pada perangkat Android. Agar fitur tersebut dapat berfungsi, perangkat Anda harus terus dalam keadaan hidup, Akun Google Anda aktif, fitur lokasi perangkat hidup, dan tetap terhubung pada jaringan internet.

Langkah pertama setelah memastikan semua aspek di atas dalam keadaan aktif dan terhubung, Anda dapat pergi ke android.com/find, kemudian masukkan akun Google Anda. Setelah itu, Anda akan diberikan daftar perangkat yang pernah terhubung dengan akun Google Anda, kemudian pilih perangkat yang hilang.

Setelah memilih perangkat yang hilang, akan muncul pada peta di mana perangkat Anda terakhir kali berada. Anda akan diberikan 3 pilihan fitur yang dapat Anda lakukan pada perangkat yang telah hilang, yaitu Sound, Lock, dan Erase.

Jika Anda memilih Sound, maka perangkat Anda akan membunyikan suara atau dering dengan volume penuh selama 5 menit. Suara atau dering tersebut tetap akan berbunyi meskipun perangkat Anda dalam posisi diam atau getar sekalipun.

Jika Anda memilih Lock, maka perangkat Anda akan secara otomatis mengunci menggunakan PIN, pola, atau kata sandi. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan pesan pemulihan atau nomor telefon tertentu pada layar perangkat yang terkunci.

Sedangkan pada pilihan Erase, seluruh data pada perangkat Anda akan dihapus secara permanen. Pilihan ini adalah pilihan teraman dan memiliki banyak risiko, karena mungkin saja Anda belum pernah mem-back up data pribadi ponsel Anda dan data tersebut akan hilang selamanya.