Tips & trik

Tips Cara Mencegah Baterai Boros di iOS 11

Update iOS 11 untuk pengguna umum sudah hampir berumur sebulan. Keluhan paling banyak yang dialami adalah baterai yang lebih boros, apalagi jika dibandingka iOS 10. Berikut ini beberapa cara mencegah baterai boros di iOS 11 yang dapat kamu lakukan dan tetap aman. Silakan simak daftarnya ya!

13 Cara Mencegah Baterai Boros di iOS 11

1. Baru Saja Update dan Merasa Boros?

Apakah kamu baru saja melakukan update ke iOS 11 dan mengalami kendala berupa baterai boros? Tenang, itu adalah hal yang wajar. Sistem operasi iOS 11 memiliki sejumlah pengaturan baru dan perlu beberapa waktu untuk proses di belakang layar terutama memindai data yang ada di perangkat tersebut – biasa disebut indexing file. Biasanya kamu perlu waktu sekitar 48 jam atau kurang agar semua proses di belakang layar tersebut selesai dilakukan dan performa baterai akan menjadi lebih baik.

2. Update Aplikasi.



Sebelum iOS 11 hadir untuk pengguna umum, para developer pasti sudah mempersiapkan update untuk aplikasinya. Baik dengan fitur baru yang mendukung drag and drop di iOS 11 misalnya atau perbaikan beberapa bug system. Aplikasi yang tidak berjalan dengan lancar di iOS 11 karena bug system atau belum disempurnakan untuk sistem operasi baru tersebut juga bisa membuat baterai menjadi boros atau bermasalah lainnya. Jadi silakan update aplikasi favorit kamu di App Store tepatnya pada tab Updates ya!

Sebagai tambahan catatan, iOS 11 juga sudah tidak lagi mendukung aplikasi dengan arsitektur 32-bit. Semua aplikasi yang masih berjalan di mode tersebut, tidak bisa dibuka atau digunakan pada saat kamu sudah update ke iOS 11. Bahkan hasil pencarian di App Store juga tidak akan menampilkan aplikasi yang belum menggunakan mode 64-bit.

3. Cek Penggunaan Baterai untuk Setiap Aplikasi.



Silakan masuk ke Settings – Battery dan akses bagian Battery Usage. Dibagian ini kamu akan menemukan 2 tab yaitu list untuk aplikasi yang paling banyak menghabiskan baterai selama 24 jam terakhir atau 5 hari terakhir. Silakan tekan di salah satu aplikasi tersebut untuk memunculkan info lebih detail lagi yaitu durasi penggunaan aplikasi di depan layar dan di belakang layar alias background.

Apa pentingnya bagian ini? Mudah saja, kamu bisa menentukan aplikasi apa yang akan dihapus karena paling banyak memakan baterai – meskipun jarang kamu gunakan misalnya. Atau kamu bisa mengatur penggunaan aplikasi tersebut terhadap fitur Background App Refresh jika dirasa terlalu boros atau memakan penggunaan baterai di belakang layar dalam waktu yang panjang.

4. Background App Refresh.



Masih berhubungan dengan informasi sebelumnya, kamu bisa mematikan beberapa aplikasi yang menggunakan fitur Background App Refresh dalam waktu yang panjang dan bisa mengurasi baterai secara lebih cepat. Wajin dicatat, silakan matikan fitur Background App Refresh secara bijak, cukup matikan berdasarkan aplikasi yang kamu inginkan dan bukan mematikan semuanya sekaligus.

Pengaturan untuk Bacground App Refresh ada di bagian Settings – General – Background App Refresh. Pilihannya adalah mematikan secara penuh, aktifkan di koneksi Wi-Fi saja atau aktifkan di koneksi Wi-Fi dan Cellular Data.

5. Kelola Koneksi Nirkabel dengan Bijak

Update iOS 11 memberikan wajah baru untuk Control Center. Di dalam Control Cetner, ada tombol Wi-Fi dan Bluetooth yang wajib kamuy pahami cara kerjanya. Yaitu kedua fitur koneksi nirkabel ini tidak sepenuhnya mati atau terputus saat kamu mematikan tombolnya alias hanya memutus koneksi tanpa mematikannya. Sejumlah pengguna mengklaim, dua hal ini yang membuat iOS 11 menjadi lebih boros dibandingkan iOS 10 karena koneksi yang terus aktif meskipun tidak digunakan. Jika kamu punya pendapat yang sama, silakan matikan Wi-Fi dan Bluetooth sesuai kebutuhan, langsung lewat aplikasi Settings. Cara lain adalah meminta Siri untuk mematikan Wi-Fi dan Bluetooth jika kamu merasa terlalu repot jika harus selalu masuk ke pengaturan.

Masih seputar Control Center, kamu juga bisa mematikan koneksi AirDrop jika memang tidak digunakan dan berpendapat bahwa fitur ini membuat baterai boros. Cara mematikan AirDrop di iOS 11 juga sangat mudah, bisa menggunakan akses di Control Center, tekan dan tahan kotak di sebelah kiri atas dan matikan tombol AirDrop. Cara kedua adalah melalui Settings – General – AirDrop.


6. Wi-Fi Assist

Wi-Fi Assist adalah fitur untuk berpindah ke penggunaan internet dari paket data selular, saat iOS 11 kesulitan mencari sinyal Wi-Fi atau sedang berada di koneksi Wi-Fi yang minim sinyal. Fitur ini dapat berguna untuk membantu kamu berpindah ke paket data LTE/ 3G misalnya dan membuat perangkat iOS tidak perlu memaksakan koneksi Wi-Fi yang sedan tidak stabil. Silakan akses pengaturan ini dari bagian Settings – Cellular – Wi-Fi Assist.

7. Mengelola Widget.



Widget adalah salah satu cara akses ke sebuah aplikasi tanpa perlu masuk ke dalam aplikasi tersebut. Akses Widget dapat kamu lakukan dari Homescreen perangkat iOS lalu swipe ke kanan. Silakan kelola penggunaan Widget sesuai kebutuhan, aktifkan yang paling sering kamu gunakan dan matikan yang tidak dipakai atau memang lebih mudah diakses langsung dari dalam aplikasi. Pengaturan Widget di iOS 11 tidak jauh berbeda dengan iOS 10 atau sebelumnya, swipe ke bagian paling bawah lalu tekan Edit setelah itu kelola

8. Raise to Wake dan Low Power Mode.



Raise to Wake adalah fitur baru yang rilis sejak iOS 10 untuk mempermudah pengguna menyalakan layar tanpa menekan Home Button. Yaitu dengan cara arahna layar di perangat iPhone ke wajah pengguna dan otomatis menyala, tidak perlu tekan Home Button atau tombol lainnya. Fitur ini bisa membuat baterai menjadi boros jika memang kamu sering tidak sengaja mengarahan iPhone ke wajah dan membuat layar menyala tanpa sengaja. Pengaturan untuk Raise to Wake dapat dilakukan di bagian Settings – Display & Brightness – Raise To Wake.

Low Power Mode adalah fitur hemat baterai yang diciptakan oleh Apple sejak iOS 9. Mode ini bekerja dengan cara mematikan semua pengaturan mail fetch, Hey Siri, Background App Refresh, Automatic Download dan beberapa hal seputar tampilan visual yang menggunakan baterai lebih banyak. Salah satu tanda bahwa kamu sedang menggunakan Low Power Mode adalah ikon baterai di Homescreen menggunakan warna kuning.

Silakan gunakan Low Power Mode untuk menghemat penggunaan baterai di iOS 11, terutama saat baterai sudah hampir habis dan kamu sedang berada di luar ruangan alias jauh dari sumber listrik untuk mengisi baterai. Jangan biasakan untuk menggunakan Low Power Mode jika baterai masih dalam kondisi cukup atau masih penuh, karena itu artinya kamu tidak bisa menikmati banyak fitur secara leluasa seperti auto lock layar dalam waktu paling cepat dan beberapa hal lainnya.

9. Auto Play Video.

Nonton video di perangkat iOS memang salah satu cara menghabiskan waktu dengan cepat dan mudah. Namun terkadang pengaturan auto play video bisa membuat kamu lebih cepat kehabisan kuota internet dan tentunya penggunaan baterai. Beberapa aplikasi pihak ketiga memiliki pengaturan untuk mematuka Auto Play Video dengan mudah seperti Facebook atau Twitter. Bahkan App Store di iOS 11 juga punya pengaturan yang sama. Silakan gunakan pengaturan tersebut sesuai kebutuhan kamu ya!

10. Auto Brightness.



Tingkat kecerahan layar otomatis adalah salah satu fitur yang dapat kamu andalkan untuk membuat baterai lebih hemat. Dengan mengaktifkan pengaturan tersebut, penggunaan tingkat kecerahan layar akan otomatis menyesuaikan cahaya di sekitar tempat kamu berada. Pengaturan mode ini terletak di bagian baru, berbeda dari iOS 10 atau versi sebelumnya. Silakan simak info lengkapnya dari artikel Auto Brightness di iOS 11.

11. Fitness Tracking.

Perangkat iPhoen yang kamu gunakan juga bisa berguna sebagai Fitness Tracking atau mencatat beberapa kegiatan yang berhubungan dengan olahraga. Jika kamu merasa tidak memerlukan fitur ini dan ingin menghemat baterai lebih baik lagi, silakan matikan saja ya. Pengaturannya ada di Settings – Privacy – Motion & Fitness. Silakan matikan Fitness Tracking secara keseluruhan atau hanya di aplikasi yang tidak ingin kamu gunakan.

12. Pengaturan App Store.



Ada beberapa pengaturan di App Store yang dapat kamu matikan dan tetap aman, serta tentu saja membuat penggunaan baterai lebih hemat. Yaitu Automatic Downloads, penggunaan Cellular Data , Video Autoplay, Offload Unused Apps dan beberapa lainnya. Silakan akses fitur ini dari bagian Settings – iTunes & App Stores.

13. Reset All Settings.



Reset All Settings adalah cara paling mudah untuk mengembalikan semua pengaturan di iOS 11 menjadi pengaturan bawaan. Seperti mengembalikan wallpaper bawaan, pengaturan keyboard, Raise To Wake dan beberapa hal lainnya. Mode ini dapat kamu temukan di Settings – General – Reset. Tidak ada data yang hilang atau akun yang akan keluar jika kamu menggunakan pengaturan tersebut.

Sejumlah Sahabat kabarnya sudah mencoba Reset All Settings untuk perangkat dengan iOS 11 yang mengalami baterai boros. Setelah melakukan hal tersebut, performa baterai kabarnya menjadi lebih baik alias lebih hemat.

Comments
To Top