Tips & trik

Tips Cara Edit File PDF dengan Google Docs

File dalam bentuk PDF memang sangat berguna ketika Anda hendak membagikan sebuah dokumen dan memastikan bahwa dokumen itu diterima dengan tampilan yang sama. Satu kelemahan file PDF adalah ia sulit untuk diedit.

Seperti yang disebutkan oleh How to Geek, kecuali jika Anda memiliki versi berbayar dari Adobe Acrobat, dan tidak hanya mengunduh Reader, Anda harus menggunakan tool tertentu untuk dapat mengubah file PDF. Memang, banyak alat konverter yang tersedia pada berbagai platform.

Namun, sebenarnya Anda bisa mengedit dokumen PDF menggunakan Google Docs, baik melalui desktop ataupun mobile. Satu hal yang harus diingat, Anda bisa melakukan cara di bawah menggunakan perangkat mobile dengan cara mengaksesnya via “desktop view”. Tapi hal ini akan menyulitkan Anda, karena itu, sebaiknya Anda menggunakan desktop.

Ini cara mengubah file PDF menggunakan Google Docs.

1. Buka drive.google.com pada peramban

2. Masuk ke akun Google Anda

3. Unggah file PDF yang ingin Anda edit

Ada dua cara untuk melakukan ini. Pertama, dengan mengklik tombol “New” berwarna biru di sebelah kiri atas dan pilih opsi “File upload”. Pilihan kedua adalah dengan melakukan drag and drop file PDF yang ingin Anda unggah langsung ke Drive. Setelah file terunggah, lanjutkan ke langkah berikutnya.


4. Klik kanan pada file PDF

5. Pilih Open with > Google Docs

Dokumen akan terbuka pada tab baru. Di sini, Anda akan bisa langsung mengedit dokumen. Semua perubahan yang Anda buat akan langsung tersimpan selama komputer Anda terhubung ke internet.


Jika Anda ingin menyimpannya kembali dalam bentuk file tertentu, seperti Docx, ODT, TXT, RTF atau format lain, Anda juga bisa melakukan hal itu. Caranya:

1. Klik File di kiri atas

2. Pilih Download As

3. Pilih format yang ingin Anda gunakan.


Comments
To Top