Apps

4 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik

Pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Ya, itulah yang akan terjadi jika kita tidak bisa mengatur pengeluaaran yang kita lakukan setiap waktunya. Bagi beberapa orang, mengatur keuangan mungkin bukanlah hal yang sulit, namun bagi sebagian lainnya, hal ini merupakan perkara yang cukup sulit dilakukan.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk membantu kita mengatur keuangan setiap hari? Langkah pertama tentunya adalah mencatat pemasukan yang kita terima, melakukan alokasi kebutuhan dan mencatat seluruh pengeluaran yang kita lakukan. Dengan begitu kita bisa memperkirakan berapa estimasi uang yang bisa kita sisihkan setiap bulannya.

Kini, berkat perkembangan teknologi yang sangat pesat, telah banyak bermunculan aplikasi manajemen keuangan personal yang dapat membantu mengatur pengeluaran. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut adalah apliaksinya.


Money Manager Expense & Budgeting.


Aplikasi pertama adalah Money Manager Expense & Budgeting. Menggunakan aplikasi ini, memungkinkan penggunanya untuk merencanakan pengeluaran serta mencatat pemasukan, tabungan hingga kartu kredit secara sekaligus.

Beragam fitur yang memudahkan manajemen keuangan juga disematkan pada aplikasi ini, seperti pencatatan penghasilan dan pengeluaran harian, manajemen aset keuangan, pembuatan budget tabungan hingga laporan keuangan dalam bentuk neraca ataupun grafik.

Monefy


Jika pada aplikasi sebelumnya memberikan manajemen keuangan dengan amat detil, pada aplikasi Monefy pengguna bisa melakukan pengaturan keuangan keluarga atau bersama pasangan. Pasalnya, dengan fitur sinkronisasi yang dimilikinya dengan memanfaatkan Dropbox, seorang pengguna bersama pasangannya dapat memantau pengeluaran keluarga bersama-sama secara real time.

Wallet


Persis seperti namanya, aplikasi ini dapat membantu para penggunanya untuk memegang kendali atas kondisi keuangan yang mereka miliki. Bukan hanya melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran, melalui aplikasi Wallet, pengguna bisa melakukan perencanaan jangka panjang hingga sepuluh tahun ke depan.

Aplikasi Wallet juga memiliki fitur sinkronisasi secara real-time dengan rekening tabungan di seluruh dunia. Budgetbakers sebagai pengembang aplikasi ini mengklaim bahwa mereka telah bekerja sama dengan sekitar empat ribu bank pada aplikasi ini,. Beberapa bank di dalam negeri yang bisa dihubungkan dengan aplikasi Wallet antara lain BCA, Bank Mandiri, dan Danamon.

Goodbudget: Budget & Finance


Ide pembuatan aplikasi ini berasal dari sistem alokasi budgeting yang dilakukan oleh orang Amerika pada zaman dulu, yaitu memasukkan uang ke dalam amplop yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya.

Pada aplikasi ini, pengguna dapat mengalokasikan rencana keuangan ke dalam berbagai pos yang berbeda, mulai dari belanja, transportasi, bermain dengan teman dan pos lainnya.

Satu akun dalam Goodbudget bisa diakses oleh pengguna melalui macam perangkat, entah itu Android, iOS, hingga web.

Uang Ku


Bila perbedaan bahasa membuat kalian sedikit kebingungan untuk menggunakan beragam aplikasi diatas, aplikasi ini mungkin bisa menjadi pilihan kalian. Pasalnya, aplikasi Uang Ku yang dikembangkan oleh PT Aeon Vision Synergy ini memberikan tampilan antarmuka yang mudah dipahami dengan berisikan bahasa Indonesia.

Melakukan manajemen keuangan di dalam aplikasi Uang Ku ini sangat mudah. Pengguna hanya perlu memilih tombol Income, Expense, atau Saving. Pengguna juga bisa langsung menganalisis pengeluaran serta pemasukan tersebut dengan beragam grafik dalam aplikasi.

Comments
To Top