WhatsApp begitu agresif membawa fitur-fitur baru yang tak lagi dibatasi oleh sifat personal, karena layanan ini mulai membuka diri terhadap fitur yang sifatnya sosial. Langkah itu semakin nyata setelah perusahaan membawa fitur berbagi lokasi secara real-time.

Advertisement

Sekarang, para pengguna WhatsApp bisa berbagi lokasi secara real-time dengan teman, keluarga, atau siapapun yang ada di daftar kontak aplikasi pesan WhatsApp. Fitur yang disebut sebagai Live Location ini sejatinya berasal dari Facebook Messenger yang pada Mei lalu meluncurkan sharing lokasi.

Kamu tentu bertanya-tanya, bagaimana cara menggunakan Live Location ini? Silakan kamu ikuti langkah berikut:

#1 Bukan obrolan dengan teman atau sebuah grup diskusi di WhatsApp.

#2 Di bawah menu “Location” pada tombol lampiran (ikon paper clip), ada opsi baru yang disebut “Share Live Location.” Pilih opsi tersebut!

#3 Sekarang kamu tentukan berapa lama kamu ingin berbagi Live Location. Pilihannya ada 15 menit, 1 jam, atau 8 jam.

#4 Sekarang, setiap orang di chat yang kamu pilih bisa melihat lokasi kamu secara real-time di peta digital.

#5 Pengguna bisa memilih untuk menghentikan fitur Live Location dengan menekan “Stop Sharing” atau membiarkan waktu aktif Live Location berakhir.

#6 Jika ada lebih dari satu orang berbagi lokasinya di sebuah grup WhatsApp, foto orang-orang yang berbagi lokasi itu akan terlihat di peta yang sama.


Fitur Live Location ini dijanjikan WhatsApp bakal rilis dalam beberapa pekan ke depan untuk aplikasi versi Android dan iOS. WhatsAppp berkata semua fungsi yang ada di aplikasinya, termasuk untuk urusan berbagi lokasi ini, akan dilakukan enkripsi dari ujung ke ujung.