iPhone di masa depan dipastikan bakal mendukung perangkat stylus Apple Pencil sebagaimana lini iPad Pro yang sudah mendukungnya. Pasalnya, Apple dikabarkan sedang mengerjakan iPhone baru yang mendukung “pena digital”.

Seperti dilaporkan dari The Investor, iPhone yang mendukung stylus tersebut belum akan hadir hingga tahun 2019 mendatang. Dalam persiapannya, Apple sedang mengadakan pembicaraan kerja sama dengan produsen stylus yang ada.


“Apple is preparing to launch the phone as early as 2019,” an industry source told The Investor on condition of anonymity. “It is also in talks with a couple of stylus makers for a partnership.”


Dalam laporan itu, Apple juga disebutkan bakal melakukan perubahan besar-besaran terhadap chip prosesor seri A untuk iPhone generasi mendatang. Hal tersebut diperlukan supaya perangkat stylus bisa mengenali fungsi tulisan tangan dengan lebih baik lagi.

Apple sendiri belum mampu menambahkan dukungan perangkat stylus di iPhone X yang beberapa pekan mendatang memulai debut perdananya di pasaran. Lantaran, chip prosesornya disebutkan belum memungkinkan hal tersebut.


Kehadiran iPhone yang mendukung iPhone bukan cuma rumor belaka. Hal ini pernah dikonfirmasi CEO Apple Tim Cook yang tidak sengaja mengatakan sudah mencoba Apple Pencil di iPad Pro tapi juga iPhone.

Bukti lain yang menguatkan Apple sedang mengerjakan stylus buat iPhone generasi masa depan adalah mereka sudah mengajukan sejumlah paten yang berkaitan dengan perangkat stylus yang bisa digunakan di iPhone.

Soal desain, Apple kemungkinan bakal membuat perangkat stylus dengan ukuran lebih kecil supaya lebih mudah digunakan di iPhone yang punya layar yang kecil. Bandingkan dengan iPad Pro yang punya layar seukuran laptop yang cocok untuk menggambar.