Apps

Google Duo Bakal Terintegrasi ke Aplikasi Bawaan Android

Google Duo Bakal Terintegrasi ke Aplikasi Bawaan Android

Google punya rencana yang cukup matang untuk aplikasi panggilan video barunya, Duo. Setelah merilisnyaj secara global pada bulan April lalu, Google kini berencana untuk mengintegrasikan Duo ke aplikasi bawaan Android, membuat cara kerjanya jadi mirip FaceTime di iOS.

Jadi dari dalam aplikasi Phone, Contacts atau Messages, pengguna bisa langsung melakukan panggilan video melalui Duo. Aplikasi Duo sendiri tentu saja sudah harus ter-install di perangkat, dan lawan bicara Anda juga harus merupakan pengguna Duo agar fitur ini dapat bekerja.

Yang kebagian jatah lebih dulu adalah para pengguna Pixel generasi pertama, juga lini perangkat Nexus dan Android One. Google memastikan kalau integrasi Duo juga bakal hadir di Pixel 2 dan Pixel 2 XL, lalu ke berbagai perangkat Android lain seiring berjalannya waktu.

Kalau operator yang digunakan mendukung jaringan ViLTE (video over LTE, lanjutan dari VoLTE), panggilan video bakal otomatis dijalankan di atas jaringan tersebut. Kalau tidak, pengguna masih bisa melakukan panggilan video bersama siapapun yang memiliki aplikasi Google Duo pada perangkatnya.

Seperti yang saya bilang, integrasi ini secara tidak langsung akan mengubah peran Duo menjadi makin mirip dengan FaceTime di iOS. Namun kalau FaceTime hanya bisa dilakukan antar pengguna perangkat iOS, Duo tidak demikian karena versi iOS-nya sebenarnya juga ada.

Comments
To Top