Sebagaimana kita ketahui bersama, radiasi layar smartphone memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan mata kita. Terlalu lama menatap layar smartphone, maka akan membuat mata menjadi lebih cepat lelah hingga dampak yang paling berbahaya, yaitu merusak mata.

Advertisement

Di sisi lain, menghindari penggunaan smartphone pun menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan, pasalnya perangkat ini telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari.

Berdasarkan permasalahan ini, beberapa pengembang Android pun mencoba memberikan inovasinya melalui aplikasi yang dapat mengurangi radiasi yang dipancarkan dari layar smartphone.

Apa saja aplikasi yang menyediakan kemampuan tersebut? Mari simak bersama sama 5 aplikasi yang dapat mengurangi dampak radiasi dari cahaya di layar smartphone.

Bluelight Eyecare


Aplikasi pertama adalah Bluelight Eyecare. Menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mengatur tingkat opasitas, kecerahan, dan warna dari layar smartphone. Salah satu fitur unik yang ada pada aplikasi ini adalah fitur Optimize, yang mempu membuat baterai bertahan lebih lama dibandingkan dengan kekuatan normalnya, sebuah fitur yang tidak diduga akan ada di aplikasi semacam ini.

Night Owl -Bluelight Cut Filter


Night Owl – Blue Light Cut Filter merupakan aplikasi yang kedua yang Jurnal Apps masukkan ke dalam daftar ini. Selain fitur utamanya yang dapat mengurangi efek dari blue light, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur yang tidak ada kaitannya dengan perlindungan mata dari radiasi, seperti Flashlight, Light Effect, dan Story.

Dengan adanya fitur Story ini membuat Night Owl dapat difungsikan seperti sebuah media sosial. Pasalnya, kita dapat melakukan update status berupa teks ataupun foto, dan pengguna lain bisa memberikan komentar ataupun like ke status yang kamu buat.

Night Owl – Screen Dimmer


Ya, aplikasi ini memiliki nama yang sama dengan aplikasi Night Owl sebelumnya. Walaupun memiliki nama yang serupa, namun fitur yang ditawarkan dari aplikasi ini memiliki cukup banyak perbedaan. Menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa menemukan fitur Automatic Start dan Automatic Stop yang berfungsi untuk mengaktifkan perlindungan mata dari blue light kapanpun sesuai keinginanmu.

Night Owl- Screen Dimmer juga memberikan para pengguna untuk mengatur tingkat RGB dan filter sesuai dengan yang mereka inginkan. Fitur ini hadir melalui pengaturan Advance Filtering. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai pilihan bahasa, meski sayangnya belum ada pilihan bahasa Indonesia.

Precious Eyes


Menawarkan beragam jenis perlindungan mata dari blue light, Precious Eye memiliki total delapan macam mode perlindungan yang bisa dicoba, yaitu Blue Light Cut, Work, Cure, Angry, Sleep, Eat, Toilet, dan Sunshine.

Setiap mode yang dihadirkan aplikasi ini memiliki keunggulan tersendiri, misalnya saja mode Work yang berfungsi untuk mengurangi ketegangan matadan mode Cure yang membantu mengistirahatkan mata lelah.

Eye Filter


Eye Filter menjadi aplikasi terakhir yang masuk pada daftar kali ini. Memiliki fitur yang lumayan banyak dan menarik beberapa di antaranya bahkan tidak dimiliki oleh aplikasi sejenis. Fitur tersebut antara lain adalah Shake Wake, dimana fitur ini berguna untuk menonaktifkan filter dengan menggoyang smartphone.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur Quick On, dimana fitur ini berfungsi untuk memunculkan tombol Quick Buttons di status bar. Tombol Cepat yang dihadirkan ini berfungsi untuk mengaktifkan atau mematikan filter kapanpun, tanpa harus membuka aplikasi.

Itulah 5 aplikasi untuk mengurangi radiasi layar smartphone yang bisa kamu coba. Apakah kamu pernah mencoba salah satunya?