Jika dulu kita hanya mengenal perangkat komunikasi yang memiliki tombol fisik, kini dengan semakin berkembangnya teknologi, berbagai perangkat tersebut telah bertransformasi menggunakan fitur touch sebagai cara untuk melakukan navigasi pada perangkat tersebut.

Selain memungkinkan navigasi yang jauh lebih mudah dan beragam, sistem touch sreen telah merubah desain perangkat komunikasi menjadi lebih simpel namun bertenaga.

Namun, sama halnya dengan perangkat lainnya, smartphone yang memiliki fitur touchscreen juga bisa mengalami kerusakan yang menyebabkan touchscreen tidak lagi menjadi sensitif.

Nah, jika hal tersebut kamu alami di perangkatmu, jangan terlalu terburu-buru untuk membawa smartphonemu ke service center, karena masalah tersebut masih bisa dengan mudah diperbaiki dengan cara-cara manual. Lalu bagaimana caranya? cara memperbaiki touchscreen yang bermasalah di smartphonemu.

Bersihkan Memory RAM


Kinerja smartphone sangat bergantung dengan besarnya RAM. Jika sisa RAM yang ada di perangkat smartphone mu tersisa sangat sedikit, maka kinerja smartphone juga akan terhambat. Untuk itu, langkah pertama untuk mengatasi masalah pada touchscreenmu adalah dengan membersihkan memori RAM pada smartphone secara berkala.


Kalibrasi

Cara lainnya untuk menangani kerusakan dari touchscreen adalah dengan menggunakan aplikasi Kalibrasi. Melalui aplikasi ini, selain dapat menyesuaikan tingkat sensitivitas dari touchscreen, aplikasi ini juga dapat memperbaiki touchscreen yang macet.


Ubah Pengaturan Launcher

Cara memperbaiki touchscreen berikutnya adalah dengan mengubah launcher yang ada pada perangkat kalian. Jika dibutuhkan, hapus launcher yang memiliki efek animasi dengan kapasitas yang terlau besar.

Penghapusan launcer ini dapat mempercepat kinerja dari smartphone, karena launcer dengan animasi yang berat akan memakan memori RAM yang cukup besar.

Ada baiknya jika kalian ingin memakai wallpaper di smartphone, sebaiknya pakai yang tidak bergerak dan memiliki kapasitas yang ringan

Restart Smartphone

Jika cara sebelumnya masih belum berhasil, cara yang bisa kalian lakukan selanjutnya adalah dengan merestart smartphone kalian. Dengan merestart smartphone, semua sistem yang berjalan di perangkat kalian akan kembali berjalan dari awal lagi. Namun jika cara ini masih belum berhasil juga, maka mau tidak mau kalian harus memperbaikinya ke service center.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika touchscreen kalian bermasalah. Semoga bermanfaat!