Aplikasi Kamera Microsoft Pix Kini Bisa Digunakan untuk Memindai Dokumen

Tahun lalu, Microsoft meluncurkan sebuah aplikasi kamera yang cukup menarik untuk iPhone. Dinamai Pix, oia mengemban misi untuk meningkatkan kualitas kamera iPhone secara signifikan dengan mengandalkan bantuan kecerdasan buatan alias AI. Belum lama ini, Microsoft merilis update yang menghadirkan fungsionalitas baru pada Pix.

Versi terbaru Microsoft Pix sekarang bisa digunakan untuk memindai berbagai macam dokumen. Mulai dari sebatas kertas Post-It yang ditempel di whiteboard sampai kartu nama, AI milik Pix akan memastikan semuanya ditangkap dengan baik tanpa perlu merepotkan pengguna.

Salah satu kelebihan Pix untuk urusan memindai dokumen adalah kemampuannya menyesuaikan perspektif gambar dengan sendirinya. Pengguna bebas mengambil gambar dari sudut mana pun, dan hasilnya otomatis akan diluruskan. Di saat yang sama, objek selain dokumen yang dipindai akan dihapus, ujung-ujungnya dirapikan, fokusnya dipertajam dan warnanya disempurnakan; semuanya berlangsung secara otomatis dan real-time.

Microsoft bilang bahwa algoritma yang digunakan Pix untuk memindai dokumen mirip seperti yang terdapat pada aplikasi Office Lens. Perbedaannya, Office Lens terintegrasi dengan berbagai aplikasi Office, sedangkan Pix juga dapat digunakan untuk mengambil foto orang maupun objek lainnya.


Lewat fitur baru ini, Microsoft sejatinya ingin menjadikan Pix sebagai satu-satunya aplikasi kamera yang dibutuhkan oleh pengguna perangkat iOS. Sejak menggunakan smartphone, kita memang sudah terbiasa memotret apapun. Mahasiswa misalnya, kerap memanfaatkan ponselnya untuk memotret jadwal perkuliahan atau ujian, dan dengan Pix, mereka jadi tidak butuh aplikasi document scanner ekstra untuk keperluan ini.

Document scanning memang bukanlah barang baru, tapi ketersediaannya pada satu aplikasi kamera seperti ini setidaknya bisa menjadi pertimbangan utama untuk menggunakan Microsoft Pix, apalagi mengingat aplikasinya tersedia di App Store secara cuma-cuma.