Purwarupa Windows Phone Bezel Tipis

Advertisement

Percaya atau tidak, Microsoft pernah hampir mengalahkan Apple, Samsung, dan Google dalam perlombaan ponsel pintar dengan layar nyaris tanpa bezel pada 2014 lalu. Portal Windows Central pernah menjajal langsung purwarupa ponsel yang memiliki nama kode ‘Vela’ itu.

Purwarupa ini adalah model awal dari Lumia 435, dengan desain layar dari sisi ke sisi yang sekarang dipakai oleh vendor dunia untuk ponsel premiumnya, seperti iPhone X dari Apple, Galaxy S8 dan Note 8 dari Samsung, dan Pixel 2 XL dari Google.

Yang lebih mengejutkannya lagi, menurut pengakuan Windows Central, Microsoft berencana melepas ponsel Vela itu dengan harga di bawah 200 dolar AS, yang membuatnya masuk kategori ponsel budget.

Ide menarik dari Microsoft untuk Lumia 435 model lama ini tidak berhenti sampai di situ. Perusahaan yang kini dipimpin Satya Nadella itu pernah berencana menempatkan kamera depan di bawah perangkat agar bagian atas bingkai ponsel tetap ramping dengan layar.

Tapi sayang, desain tersebut tidak diterapkan dan Microsoft memutuskan merilis Lumia 435 dengan pengulangan desain yang sama dengan Lumia lainnya. Stagnan tanpa ada perubahan drastis dibandingkan pendahulunya, Lumia 532.

Dengan desain yang tak banyak berubah dari waktu ke waktu, serta aplikasi yang kerap bermasalah, tidak mengherankan jika Windows Phone semakin ditinggal penggunanya.

Itu mengapa Microsoft memutuskan tidak akan mengembangkan fitur atau perangkat baru untuk Windows Phone. Perusahaan kini hanya fokus melakukan perbaikan bug dan pembaruan keamanan untuk pengguna lama.