Uncategorized

Apple Hadirkan Emoji Perempuan Berhijab di iOS 11.1 versi beta

(Foto: Apple)

Apple pekan baru-baru ini merilis sistem operasi iOS 11.1 untuk iPhone dan iPad. Meski begitu update ini masih terbatas dalam versi beta untuk para developer.

Setelah dirilis untuk pengguna, saat Anda melakukan update iOS 11, Anda tak hanya mendapat perbaikan untuk bug, namun juga sederet emoji yang baru.

Tak tanggung-tanggung, Apple disebut akan merilis ratusan emoji yang lucu nan unik. Yang menarik dalam emoji barunya, Apple juga menghadirkan emoji perempuan yang mengenakan hijab.

“Emoji baru dirancang untuk mengungkap setiap detail dan disesuaikan dengan karakter yang disetujui di Unicode 10,” tulis Apple dalam posting-annya di blog.

Emoji perempuan berhijab memang sempat muncul pada Juli dalam peringatan Hari Emoji Sedunia. Unicode juga merilis daftar emoji pada Juni lalu, namun Apple kini meluncurkan emoji versi sendiri yang diluncurkan dalam versi beta pada iOS 11.1.

Dibalik emoji hijab itu sendiri adalah Rayouf Alhumedhi yang kini tinggal di Wina. Ia mengajukan gagasan pada 2016 kepada The Unicode Consortium, yakni perusahaan yang mengulas dan mengembangkan emoji baru.

Alhumedhi pada saat itu menyusun proposal di laptopnya dan mengirimkannya ke Unicode. Ia mengakui, proposal itu disusunnya dengan proses yang cepat. Ia juga mendapatkan dukungan yang terbilang cepat.

Jennifer 8. Lee, anggota subkomite emoji Unicode, menempatkan Alhumedhi untuk berhubungan dengan Aphee Messer, yang bekerja dengan remaja tersebut untuk merancang emoji.

Emoji baru Apple sendiri tak hanya diperuntukkan bagi pengguna iPhone dan iPad, namun juga akan tersedia untuk software update pada perangkat Mac dan Apple Watch.

Menurut Emojipedia, iOS 11.1 akan menambahkan 56 emoji baru yang berbeda, atau sekira 239 saat emoji tersebut hadir dalam jenis kelamin dan warna kulit yang berbeda. Sejauh ini, Apple hanya mengungkapkan bahwa secara resmi pihkanya merilis 42 emoji dari Unicode 10.

Emoji baru Apple memang diketahui akan hadir dalam beberapa rentang usia seperti anak-anak, remaja/dewasa, dan orang tua. Selain emoji perempuan berhijab, ada juga emoji perempuan yang tengah menyusui, bahkan vampir, serta zombie. Demikian seperti dilansir Insider, Selasa (10/10/2017).

Comments
To Top