Jika kita biasanya menggunakan komputer yang diletakkan di atas meja, maka seiring majunya zaman muncul berbagai perangkat komputer yang dikemas dalam bentuk portable seperti laptop yang dapat mudah dibawa kemana-mana. Setelah kemunculan benda portable tersebut, maka muncul sebuah istilah atau penamaan yaitu laptop dan notebook.

Advertisement

Kedua perangkat ini kerap disamakan, padahal keduanya jelas berbeda. Parahnya lagi, tak semua orang ternyata tahu tentang perbedaan kedua perangkat tersebut. Lantas apa saja sih yang membedakan dari kedua perangkat tersebut. Mari kita simak tulisan di bawah ini.

1. Perbedaan Ukuran Layar


Dari segi ukuran layar maka kita dapat membedakan mana sebenarnya laptop atau notebook. Di mana laptop memiliki ukuran layar lebih dari 18inci sementara notebook umumnya memiliki ukuran layar dengan dmensi lebih kecil antara 13 sampai 18inci.

2. Berat


Selain dari ukuran layar, maka hal yang membedakan keduanya adalah bobot dari kedua perangkat tersebut. Di mana laptop memiliki berat sekitar 3 sampai 5 kg, sedangkan notebook memiliki berat sekitar 1 sampai 2 kg.

3. Spesifikasi Grafis


Jika pada umumnya laptop memiliki VGA dengan kapasitas yang lebih mumpuni untuk mendukung performa tampilannya, sedangkan notebook umumnya memiliki kapasitas VGA yang lebih kecil. Namun seiring berjalannya waktu, notebook untuk keluaran sekarang juga banyak yang memiliki dukungan VGA dengan kapasitas yang cukup besar dan mumpuni.

4. Perbedaan Ukuran RAM


Jika di atas dapat dilihat dalam segi VGA maka kapasitas RAM juga dapat menjadi perbedaan kedua perangkat tersebut. Di mana laptop umumnya memiliki kapasitas RAM yang lebih besar jika dibandingkan dengan notebook.

Namun, seiring berkembangnya zaman dan teknologi notebook keluaran sekarang pun juga banyak yang memilki kapasitas RAM yang besar. Hingga dukungan upgrade pada kapasitas RAM yang lebih besar lagi.

5. Keberadaan DVD ROM


Merupakan salah satu perbedaan yang sangat menonjol jika pada umumnya laptop memiliki perangkat DVD ROM untuk aktifitas pembacaan kepingan kaset, maka notebook tidak memiliki DVD ROM. Namun untuk mengatasi keterbatasan ini kita dapat membeli DVD ROM ekternal untuk digunakan dalam pembacaan kaset pada notebook yang tidak memiliki DVD ROM internal.

6. Daya Tahan Baterai


Jika pada umumnya penggunaan baterai pada notebook memiliki durasi waktu yang lama, maka tidak dengan laptop yang pada umumnya tidak memiliki daya tahan baterai yang terbilang lama. Namun hal ini juga dapat dipengaruhi oleh penggunaan daya yang ada pada dua perangkat portable tersebut.

Dari berbagai perbedaan laptop dan notebook mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan referensi kita dalam bidang teknologi khususnya dalam perkembangan teknologi yang ada pada komputer untuk sekarang ini.