Saat ini, mungkin belum banyak yang tahu mengenai aplikasi pesan instan garapan Google bernama Allo. Ya, Google juga punya aplikasi pesan, yang serupa dengan apa yang ditawarkan WhatsApp dan Line.

Tapi, bedanya Google Allo terintegrasi dengan Google Assistant dan dirancang agar terintegrasi dengan sistem kecerdasan buatan.

Advertisement

Kalau kamu masih bingung dengan dia, berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat soal fitur unik yang seru untuk dijelajahi di Google Allo.

1. Bisa diajak berbicara Bahasa Indonesia

Di Google Allo, pengguna bakal diperkenalkan dengan Google Assistant, yang kini sudah bisa berbicara dengan bahasa Indonesia. Dengan adanya Assistant di Allo, pengguna bisa berinteraksi dengan Google, seperti mengajukan pertanyaan pom bensin terdekat, dan Assistant pun siap memberikan jawabannya dalam obrolanmu.

Melalui Allo, pengguna tak perlu keluar dari layar obrolan untuk melihat alamat, berbagi video YouTube, atau memilih tempat nongkrong bersama teman. Pengguna cukup mengetik @google untuk memanggil Assistant ke dalam grup obrolan dan juga secara pribadi.


2. Mengirim GIF

Terkadang, kata-kata saja tidak cukup untuk mengekspresikan perasaan kamu dalam obrolan. Nah, sekarang ini konten gambar bergerak atau GIF menjadi salah satu pilihan yang sering digunakan untuk membuat obrolan jadi lebih menghibur dan ekspresif.

Di Allo, pengguna bisa mengetuk ikon GIF yang terletak di atas kolom untuk mengetik pesan, lalu cari GIF yang diinginkan dengan memasukkan kata kunci. Setelahnya, muncul beberapa pilihan GIF yang relevan untuk kamu pilih.

Selain itu, pengguna juga bisa mengirimkan GIF wajah sendiri dengan fitur selfie clip, di mana caranya cukup tekan ikon kamera yang berada di sebelah kanan bawah.

3. Buat stiker wajah sendiri

Masih ada lagi fitur Allo unik lainnya, yaitu mengubah foto selfie menjadi paket stiker pribadi. Untuk melakukannya, Google menggunakan teknologi ‘computer vision’ yang mengubah foto selfie menjadi gambar artistik. Google mengombinasikan teknologi ini dengan kemampuan menggambar seniman, untuk membuat versi “emoji” yang tak hanya menggambarkan warna rambut tapi juga kepribadian dan gaya.

Untuk membantu pengguna menjadi lebih aktif dalam obrolan, pengguna menyediakan berbagai ilustrasi yang bisa dipakai. Tak hanya itu, ada miliaran kombinasi fitur wajah dalam paket stiker yang bisa dipilih untuk membuat stiker yang sama persis dengan wajahmu.

4. Bermain game

Menunggu teman yang masih dalam perjalanan memang membosankan. Oleh karena itu, Allo menyediakan fitur bermain game di dalam layar obrolan untuk mengenyahkan rasa bosan itu.

Di Allo, pengguna bisa bermain game dengan teman tanpa harus keluar dari layar obrolan. Untuk mulai bermain game, pengguna bisa mengetuk tanda “+” di sebelah kiri atas obrolan. Kemudian, kamu bisa memilih game yang diinginkan, seperti Pet Hotel, Catur Grup, Toadal Pondage, dan Quick, Draw!.

Melihat fitur-fitur di atas, apakah kamu tertarik untuk mencoba Google Allo?