Belum lama ini beredar foto desain render smartphone misterius yang diduga kuat adalah Xiaomi Redmi Note 5. Hal yang mengejutkan adalah smartphone tersebut ternyata dibekali dengan dua buah kamera belakang dan didukung desain bezel yang minim. Kabarnya, Xiaomi Redmi Note 5 akan dijual dengan harga mulai $175 atau sekitar Rp 2,3 juta.

Smartphone kelas menengah Xiaomi Redmi Note 5 ini dibekali dengan layar sentuh 2.5D arc berukuran 5,5 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan mencapai 401 piksel per inci. Xiaomi Redmi Note 5 menjalankan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat yang dibalut dengan antarmuka MIUI 9.

Sisi kamera, Xiaomi Redmi Note 5 ini diperkuat oleh dengan dual kamera belakang berkekuatan 16 megapiksel + 5 megapiksel dengan sensor Sony IMX234 yang didukung oleh aperture f/2.0, phase-detection autofokus, dan diperkuat oleh fitur dual-tone LED flash. Smartphone ini juga didukung oleh kamera depan berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor BSI untuk foto selfie atau video call.

Kinerja yang ditawarkan Xiaomi Redmi Note 5 cukup bersaing dengan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 630 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit berkecepatan 2,2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB atau 4GB dan didukung pengolah grafis dari Adreno 508. Ada kemungkinan ponsel ini menggunakan chipset Snapdragon 660.

Sektor storage atau media penyimpanan, Xiaomi Redmi Note 5 ini dibekali dengan memori internal berkapasitas 32GB atau 64GB yang dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal maksimal 128GB dengan sistem hybrid slot. Konektivitas Xiaomi Redmi Note 5 ini cukup lengkap dengan dukungan IR blaster, Bluetooth, port microUSB, WiFi, GPS, 4G LTE (Long Term Evolution).

Smartphone ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari pada sisi depan yang menyatu dengan tombol Home. Berbeda dengan generasi sebelumnya, Xiaomi Redmi Note 5 ini masih mengandalkan dukungan baterai berkapasitas 3790mAh yang didukung fitur fast charging dari Qualcomm QuickCharge 3.0.