Di dunia maya, kita punya cara berinteraksi yang berbeda dengan di dunia nyata. Jika kita nggak mau berhubungan dengan seseorang lagi, kita nggak perlu kabur-kaburan lagi tiap kali menemuinya. Yang kita perlu lakukan adalah memblokir saja dia dari daftar kontak kita.

Nah, sebagai pelaku, blokir kontak itu mungkin mudah dilakukan. Namun bagi korban, pemblokiran ini bikin kesal. Pasalnya, kita nggak dikasih tau sebelumnya kalau ada temen kita yang memblokir kita. Pokoknya, tau-tau tiap kita nge-chat nggak pernah dibales deh.

Advertisement

Tapi, nyatanya kita bisa nyari tau, lho, siapa-siapa saja yang memblokir. Ada beberapa indikator, yaitu:

1. Chat hanya tercentang satu

Ya, tiap kali nge-chat orang yang ngeblokir kita, maka pesan kita nggak akan sampai ke doi. Jangankan di-read, centangnya aja cuma satu.

2.  Time Stamp nggak terlihat

Biasanya, di bawah nama kontak, kita bisa melihat penanda waktu dan status “Last online.” atau sedang “online”. Nah, orang yang ngeblokir kita nggak akan terlihat tuh time stamp-nya.

3. Foto Profil Nggak Muncul

Apapun foto yang dipakai oleh si pemblokir, yang hanya kita lihat jika akan mengirimkan chat, yang kita lihat cuma profil picture bawaan dari WhatsApp.

4. Ditelpon Nggak Nyambung 

Ya, ini adalah cara mudah untuk mengetahui apakah seseorang blokir kita atau nggak. Coba telpon dia dengan fitur WhatsApp Call. Kalau kamu nggak diblokir sambungan akan sampai ke nomornya, namun jika diblokir ya wasalam deh, cuma nada sambung doang yang lo denger. 

Nah, sekarang coba cek deh kontak orang-orang terdekat lo, siapa tau ada yang ngeblokir lo. Semoga, sih, nggak.