Tips & trik

Tutorial: Menyulap iPhone Lawas Jadi CCTV Rumahan

Punya iPhone lawas yang sudah tak digunakan lagi karena ketinggalan zaman, tapi sayang dibuang? Sebaiknya memang dimanfaatkan untuk kebutuhan lain, misalnya menyulap menjadi kamera pengintai di rumah atau CCTV.

Seperti dilansir dari laman situsCnet, memasang aplikasi pada perangkat Apple untuk mengawasi rumah adalah cara yang cerdik dan murah. Melalui sebuah aplikasi yang bernama “Manything”, kamu bisa memanfaatkan kamera iPhone, iPad atau iPod Touch menjadi kamera pengawas yang baik, lengkap dengan sensor gerakan.

Cara penggunaan aplikasi Manything pun diklaim cukup mudah untuk dipakai. Kamu bisa memanfaatkannya langsung, dan kamera akan difungsikan sistem untuk mengawasi dan merekam gerakan yang ada atau yang terjadi dan menyimpannya.

Kamu hanya perlu menyiapkan tripod sebagai penyanggah, atau tempat dudukan perangkat, setelah itu meletakkan perangkat di tempat yang cukup strategis.

Lantas, bagaimana cara mensiasati iPhone lawas yang sudah tak digunakan lagi menjadi kamera pengintai di rumah atau CCTV?

Pada dasarnya, sistem kerja Manything seperti kamera IP tanpa pembelian terpisah. Manything juga sudah meluncurkan jalur IFTTT, dimana kamu bisa menggabungkan aplikasi ini dengan Belkin WeMo untuk menciptakan keamanan di rumah.

Kamu juga bisa menggunakan perangkat lain untuk memantau dan menerima sinyal berdasarkan aktivitas pergerakan yang disimpan di Cloud. Manything memuat fitur “View My Camera” pada perangkat Apple kedua, untuk memonitor dan menerima notifikasi langsung serta surel peringatan.

Di samping memantau via smartphone, kamu juga bisa melihat pergerakan lebih melalui aplikasi Manything versi dekstop.

Namun sebelumnya, aplikasi Manything ini harus terlebih dahulu kamu instal pada perangkat berbasis iOS, yang bisa didapat langsung dari market aplikasi Apps Store.

Berikut cara mensiasati iPhone lawas menjadi kamera pengintai di rumah atau CCTV:

1. Install Aplikasi Manything yang ada dalam Apps Store

2. Setelah aplikasi berjalan, kamu akan diminta untuk memasukkan nama user dan password untuk log-in. Di sini kamu bisa memasukkan log-in nama dari akun Facebook atau mendaftar langsung untuk mengaktifkan aplikasi.

3. Setelah aplikasi berjalan, kamu bisa memilih langsung menu “Record Using this Device” untuk mengaktifkan proses perekaman kamera langsung.

4. Untuk memantau keadaan langsung, kamu bisa mengaksesnya pada aplikasi web Manything di alamat situs www.manything.com.

Sebagai informasi, menu rekaman yang diaktifkan akan dikirim hasil rekaman langsung ke dalam email yang terdaftar maupun langsung bisa mengakses dari situs, dengan terlebih dahulu memasukan akun log-in yang terdaftar.

Comments
To Top