Berita

5 Fakta Penting tentang Face ID di iPhone X

Belum lama ini Apple baru saja memperkenalkan perangkat barunya iPhone X sebagai salah sebuah peringatan 10 tahunan penjualan perangkat iPhone. Salah satu fitur yang hingga saat ini menjadi perbincangan hangat dari iPhone X sendiri adalah fitur Face ID. Metode keamanan dengan memanfaatkan deteksi wajah ini hadir sebagai fitur baru yang menggantikan fitur Touch ID yang telah ada sejak generasi iPhone 5s.

Lalu, sebenarnya apa saja sih kemampuan canggih Face ID ini? Penasaran bukan? Mari simak informasi lengkapnya di bawah ini ya!

1. Pengembangan Face ID telah Dilakukan Sejak Beberapa Tahun Lalu

Setelah pertama kali melihat fitur Face ID, ada beberapa orang yang beranggapan bahwa Apple telah meniru ide dari kompetitornya terkait fitur deteksi wajah ini. Kenyataannya teknologi Face ID dan CPU A11 Bionic dari Apple ini telah dipersiapkan selama lebih dari satu tahun. Proses persiapan yang panjang ini dilakukan Apple guna menjamin kehadiran fitur dengan kualitas yang maksimal.

2. Face ID Hanya Mengenal Satu Wajah SajaBerbeda dengan Touch ID yang bisa mengenali beberapa sidik jadi yang didaftarkan, Face ID hanya bisa digunakan untuk mengenali satu wajah saja. Dengan begitu privasi akan lebih mungkin didapatkan oleh pengguna iPhone X.

3. Wajah + Kacamata = Tidak MasalahPada Apple Event 2017 kemarin, pihak Apple telah menjelaskan bahwa Face ID dapat mengenal perubahan wajah penggunanya di beberapa situasi, serta mendukung kemampuan untuk tetap mengenali perubahan wajah karena pertambahan usia. Selain itu, Apple juga memastikan bahwa penggunaan aksesoris untuk wajah dan jugamkepala tidak akan menghambat kemampuan yang dimiliki oleh Face ID.

Dengan begitu, penggunaan aksesoris seperti topi, syal, kacamata bahkan jika penggunanya menumbuhkan kumis atau jenggot tidak akan mengganggu kinerja dari Face ID ini. Face ID juga diklaim tidak akan kesulitan dalam membedakan identifikasi wajah walaupun identifikasi yang dilakukan melibatkan saudara kembar yang identik.

4. Mematikan Face ID di Kondisi DaruratGuna menjaga keamanan dengan jauh lebih baik lagi, Apple juga menyediakan kemampuan bagi iPhone X untuk mematikan fitur Face ID dengancara yang cepat. Hal ini dimaksudkan jika pengguna ada di dalam keadaan darurat, misalnya saja ketika pengguna ditodong senjata oleh seseorang dan mereka dipaksa untuk mengarahkan iPhone X ke wajah mereka. Sebelum hal tersebut terjadi, pengguna iPhone X bisa menekan seluruh tombol yang berada di sisi layar (volume & side buttons) untuk mematikan fitur Face ID. Dengan matinya fitur Face ID, maka lapisan keamanan berikutnya yang akan muncul adalah Passcode Lock.

5. Facial Recognition dan Face ID, Berbeda!

Sebagaimana dilejaskan sebelumnya, jika ada diantara kalian yang masih beranggapan bahwa dalam pengembangan Face ID pihak Apple hanya melakukan peniruan ide semata dari kompetitornya Samsung, coba perhatikan baik baik poin yang satu ini.Facial lock milik Samsung atau lebih dikenal dengan nama Facial Recognitionini hanya melakukan scanning wajah secara datar atau flat atau gambar. Dengan begitu sistem keamanan yang disisipi oleh teknologi Facial Recognition dapat dengan mudah dibobol dengan menggunakan foto. Hal ini pula yang akhirnya menyebabkan Samsung mengganti fitur keamanannya ini dengan Iris Scanner.Di satu sisi, fitur Face ID milik Apple ini, ternyata memiliki kemampuan yang jauh lebih handal. Face ID memakai kamera depan dengan proyektor dot, sehingga menghasilkan sebuah teknologi yang dinamakan True Depth Camera. Teknologi ini mirip dengan Kinect di Xbox 360, hanya saja dengan jumlah dot sangat banyak di wajah.

Comments
To Top