Berita

Twitter Uji Coba Batas Kicauan 280 Karakter ke Jutaan Pengguna

Dalam beberapa tahun belakangan, pengguna Twitter mulai menganggap batasan 140 karakter menjadi kendala dalam membuat kicauan. Twitter pun sudah melakukan beberapa trik agar penggunanya bisa nge-tweet lebih panjang tanpa menghilangkan ciri khas 140 karakter tersebut.

Mulai dari tak menghitung karakter link atau tautan hingga foto dan video, namun pengguna Twitter sepertinya masih belum puas. Baru-baru ini, leyanan micro-blogging tersebut mengumumkan jika mereka tengah menguji coba batasan karakter menjadi dua kali lipat, yaitu 280 karakter.Ini adalah perubahan kecil, tapi sebuah langkah yang besar bagi kami. 140 adalah pilihan yang didasarkan pada batasan 160 karakter pada SMS,” kata kepala eksekutif Jack Dorsey, mengumumkan update tersebut melalui akun Twitter pribadinya.

Lebih lanjut dalam blog resmi Twitter, product manager Aliza Rosen mengatakan, “Kami ingin setiap orang di seluruh dunia dapat mengekspresikan diri mereka dengan mudah di Twitter. Oleh karena itu, kami melakukan sebuah percobaan baru: memberikan batas karakter lebih panjang (280 karakter) pada bahasa yang dipengaruhi oleh adanya batas karakter sebelumnya yang mana dialami oleh semua bahasa; kecuali bahasa Jepang, Cina, dan Korea.Menariknya, batas karakter bukanlah masalah di semua bahasa. Misalnya, ketika pengguna membuat tweet dalam bahasa Inggris, mereka akan dengan cepat mendekati batas 140 karakter dan harus mengedit tweet tersebut agar sesuai dengan batasan.Tweet yang sama dalam bahasa yang berbeda

Tapi saat ada pengguna menulis tweet dalam bahasa Jepang, ia tidak memiliki masalah yang sama. Saat pengguna tersebut selesai menulis tweet-nya, ia masih memiliki ruang untuk menuliskan beberapa kata atau kalimat lagi. Hal ini dikarenakan dalam bahasa seperti Jepang, Korea, dan Cina, pengguna dapat menyampaikan dua kali lipat jumlah informasi dalam satu karakter, tidak seperti dalam banyak bahasa lainnya seperti bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, atau Prancis.

Uji coba 280 karakter ini baru Twitter berikan kepada sekitar 328 juta pengguna di dunia sebelum memutuskan apakah pembaruan ini perlu diterapkan atau tidak untuk semua penggunanya. Apa kamu termasuk yang dapat mencoba 280 karakter ini.

Comments
To Top