Update iOS 11 memberikan tampilan baru untuk Control Center, salah satu fitur baru yang dapat kamu gunakan di bagian ini adalah Screen Recording. Sesuai dengan namanya, Screen Recording berfungsi untuk merekam tampilan layar dalam bentuk video secara langsung di perangkat iOS – tanpa aplikasi tambahan atau koneksi ke komputer. Dalam artikel ini saya akan membahas secara lengkap tutorial Screen Recording di iOS 11.

APA ITU SCREEN RECORDING?

Advertisement

Screen Recording adalah proses merekam aktivitas yang sedang kamu lakukan di perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch. Kegunaan Screen Recording adalah membuat sebuah video tutorial mengenai penggunaan perangkat iOS atau melaporkan beberapa kendala atau error yang kamu alami saat menggunakan sebuah aplikasi misalnya.p

Akses Screen Recording hanya dapat kamu lakukan lewat Control Center. Tombol Screen Recording di Control Center memang tidak aktif secara bawaan ya. Silakan masuk ke Settings – Control Center – Customize Controls. Aktifkan Screen Recording dari bagian More Controls dengan menekan tombol + lalu sesuaikan dengan urutan yang kamu butuhkan. Setelah aktif di Control Center, berikut ini panduan menggunakan Screen Recording:

Siapkan tampilan layar dengan aplikasi atau jenis kegiatan yang ingin kamu rekam menggunakan Screen Recording.

Aktifkan Control Center dengan cara dari bawah ke atas lalu tekan Screen Recording untuk mulai hitungan mundur proses merekam layar.

Jika kamu ingin merekam aktivitas layar beserta suara yang dikeluarkan oleh perangkat iOS, tekan dan tahan tombol Screen Recording lalu pilih Microphone ON.

Tutup Control Center dengan cara dari atas ke bawah atau tekan Home Button.

Silakan lakukan kegiatan yang ingin kamu rekam saat Screen Recording sudah aktif yaitu dengan tanda berupa Status Bar berwarna merah.

Jika sudah selesai, akhiri sesi merekam di Screen Recording dengan cara tekan Status Bar warna merah atau akses Control Center dan tekan tombol Screen Recording. Perangkat iOS akan memberikan jendela tampilan untuk berhenti merekam Screen Recording dan silakan pilih Stop.

Hasil rekaman layar akan tampil di aplikasi Photos.

Sebagai tambahan catatan, kamu bisa mengedit hasil rekaman Screen Recording untuk membuat bagian yang tidak diperlukan. Seperti proses pengaturan awal yang menampilkan gambar Control Center, proses menghentikan Screen Recording atau bagian laiinya. Cukup gunakan fitur Edit bawaan di aplikasi Photos dan potong yang tidak kamu perlukan.

Dari percobaan yang saya lakukan, Screen Recording di iOS 11 bisa merekam suara dari aplikasi yang sedang kamu lakukan di perangkat iOS dengan baik. Misalkan memutar musik dan video dari Apple Music, Spotify, YouTube atau bermain games. Sayangnya terkadang proses merekam suara dari aplikasi ini tidak berjalan normal alias suara tidak keluar meskipun mode Microphone ON sudah kamu aktifkan di awal penggunaan. Solusi sementara yang dapat kamu lakukan adalah melakukan Restart perangkat dan coba kembali gunakan Screen Recording. Semoga Apple dapat segera memberikan perbaikan untuk kendala tersebut di update iOS 11 berikutnya ya!

Apakah kamu sudah mencoba Screen Recording di iOS 11? Kegiatan apa saja yang sudah coba kamu rekam? Bagikan di kolom komentar ya!