Apple resmi merilis iOS 11, sistem operasi terbaru yang dirancang untuk iPad, iPhone, dan iPad touch. iOS 11 tersedia di model iPhone 5s ke atas, iPad mini 2 ke atas, dan iPod touch generasi ke-6.

Pembaruan tersedia di semua perangkat yang layak over the air di aplikasi Setting. Untuk mengakses pembaruan, buka Settings –> General –> Software Update. Mungkin butuh waktu beberapa menit agar pembaruan menyebar ke semua pengguna karena permintaan tinggi.

iOS 11 merupakan update besar yang membawa tampilan dan nuasa segar ke iPhone dan iPad. Selain itu, Apple memperkenalkan perubahan desain yang halus ke elemen userinterface di seluruh OS, seperti teks yang lebih berani, tampilan baru untuk aplikasi, ikon yang dirubah, dan pengalaman penggunaan yang didesain ulang untuk Lock Screen dan Control Center.

Menariknya, raksasa asal Cupertino ini telah menggabungkan Lock screen dan Notification Center, jadi swipe ke bawah kini menampilkan Lock screen dan notifikasi. Control Center sekarang bisa disesuikan dan integrasi Touch 3D telah diperluas, seperti dikutip dari Mac Rumors

Siri lebih pintar dari sebelumnya dan memiliki suara baru yang lebih alami, dan Siri kini bisa cross-device, sehingga memungkinkan asisten pribadi ini mempelajari lebih banyak tentang Anda. Tak ketinggalan, Siri juga bisa menerjemahkan bahasa Inggris ke dalam beberapa bahasa yang berbeda seperti bahasa Spanyol dan China.

Di samping itu, iOS 11 juga terasa berbeda di iPad. Kini, ada Dock di bagian bawah layar yang bisa Anda naikkan kapan saja dengan swipe, dan ada App Switcher yang serupa dengan Mission Control di Mac, memungkinkan Anda melihat semua aplikasi Anda.

Apple Pencil lebih banyak berguna di iPad Pro, dan fitur Drag and Drop yang baru memungkinkan Anda menyeret tautan, gambar file, dan yang lain dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Aplikasi File memperkenalkan pengelolaan file yang lebih baik, dan banyak aplikasi memiliki fitur baru. Notes menawarkan penelusuran tulisan tangan dan pemindaian dokumen yang mudah dicari, Maps memiliki panduan jalur dan info batas kecepatan, Apple Musik memungkinkan Anda melihat apa yang teman Anda dengarkan, dan ada tools baru untuk mengedit Live Photos.

HomeKit sekarang mendukung speaker dan AirPlay 2 menambahkan fungsionalitas multi ruang, sedangkan Do Not Disturb telah diperluas untuk mencakup driving. Dalam update di masa depan, Apple berencana untuk menambahkan iCloud Messages dan fitur person to person Apple Pay.

Di iPad, terdapat keyboard Flick baru yang praktis ketika iPhone memiliki pilihan keyboard satu tangan yang baru. Anda juga akan melihat App Store yang berbeda setelah menginstall iOS 11.