Sejalan dengan pengembangan Android yang dilakukan oleh Google, Samsung pun turut meluncurkan fitur dark mode atau mode gelap pada antarmuka terbaru buatannya, yakni Samsung One UI.

Sejak Android 9 atau yang lebih sering disebut Android Pie diluncurkan, mode gelap mungkin menjadi salah satu fitur yang cukup akrab di telinga kita. Pasalnya, semenjak itu banyak sistem atau aplikasi Android yang mulai menerapkan fitur tersebut.

Samsung sebagai perusahaan raksasa pengembang ponsel pun seolah tak ingin ketinggalan dalam hal ini. Ketika membawa Android Pie ke berbagai perangkatnya dalam balutan One UI, mereka juga tidak lupa untuk membawa fitur dark mode.

Hanya saja untuk fitur ini, Samsung memberinya nama dengan sebutan yang sedikit berbeda. Di dalam sistem yang disebut dengan One UI tersebut, fitur dark mode Samsung diberi nama Night Mode.

Terkait

Dengan tujuan yang sama, yakni membuat kita sebagai penggunanya semakin nyaman meskipun menggunakan perangkat saat kondisi cahaya sangat minimal, fitur Night Mode Samsung juga akan mengubah tampilan sistem menjadi bernuansa hitam saat diaktifkan.

Menariknya, Samsung menawarkan dua opsi untuk mengaktifkan fitur ini. Opsi pertama, fitur bisa diaktifkan secara manual. Sedangkan opsi kedua, fitur bisa diaktifkan secara otomatis berdasarkan jadwal yang kita buat.

Untuk hal ini, baik opsi pertama maupun kedua, kita bisa mengaturnya melalui halaman Settings, lalu masuk ke bagian Display, lalu cari opsi Night mode. Jangan lupa untuk menghidupkan tombol di sebelah opsi tersebut.

Jika sudah aktif, ketuk pada opsi tersebut untuk membuka pengaturan fitur night mode lebih lanjut. Di halaman pengaturan lanjut ini, kita bisa mengatur opsi pengaktifan secara manual atau otomatis.

Kita bisa menekan tombol Turn on now untuk menghidupkan fitur secara manual – dengan catatan harus masuk ke pengaturan ini lagi jika ingin mematikan fitur – atau menekan Turn on as scheduled dan mengatur waktunya jika ingin membuatnya bekerja secara otomatis.

Untuk memperoleh akses yang lebih cepat, khususnya untuk penggunaan opsi manual, kita juga bisa menambahkan tombol cepat Night mode pada panel pengaturan cepat (Quick Settings Panel).

Meskipun mudah untuk diterapkan, sayang belum semua tema termasuk yang ada di Galaxy Themes mendukung fitur Night mode dari sistem OneUI ini. Hanya tema-tema yang dirancang untuk Android Pie yang bisa mendukungnya, termasuk tema default di dalamnya.