Silsilah keluarga dibutuhkan untuk urusan tertentu, seperti mengatur warisan maupun tugas sekolah. Tidak sedikit orang yang merasa bingung dalam membuat silsilah keluarga.

Ditambah lagi dengan anggota keluarga yang banyak. Hal ini tentu semakin membingungkan. Namun di era digital saat ini semua sudah serba maju.

Kini telah banyak aplikasi untuk membuat silsilah keluarga. Mayoritas aplikasi tersebut mempunyai tujuan utama, yaitu untuk membuat serta mencatat data garis keturunan keluarga besar.

Pada dasarnya aplikasi silsilah keluarga dapat membantu mengorganisir informasi tentang nenek moyang, membuat buku serta laporan garis keturunan, hingga membagikan hasil temuan secara online.

Terkait

Sebuah aplikasi silsilah keluarga disebut mumpuni apabila bersifat sosial, ringan, cepat diakses, serta mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup untuk menyimpan data serta berkas lainnya.

Kapasitas dalam aplikasi silsilah keluarga harus diperhatikan. Sebab aplikasi akan menyimpan nama semua generasi, gambar serta file pendukung lain.

Walaupun kini di internet banyak layanan genealogi online, namun aplikasi unduhan merupakan pilihan yang baik.

Dalam artikel ini, kami akan rekomendasikan beberapa aplikasi silsilah keluarga. Aplikasi-aplikasi tersebut di antaranya:

Gramps

Sumber Gambar : YouTube

Gramps adalah aplikasi silsilah keluarga yang mempunyai banyak fitur. Aplikasi ini bisa digunakan untuk pengguna Windows, macOS serta Linux.

Dengan menggunakan Gramps, maka kalian bisa dengan mudah menavigasi atau menyaring silsilah berdasarkan nama, keturunan, hubungan, keluarga, catatan, media, repositori, sumber daya, tempat, maupun event.

Aplikasi ini menyediakan tool yang sangat detail, serta di setiap entri akan menyediakan berbagai hal yang dibutuhkan untuk membuat silsilah keluarga.

Contoh pada tool ‘Place,’ pengguna bisa menemukan entri untuk jalan, garis lintang, kota, dll. Tidak hanya itu, kalian juga bisa menambahkan tautan ke setiap tempat.

Penanggalan bisa pula dipilih berdasarkan beberapa sistem, misal berdasarkan kalender Islam dan Gregorian. Sementara itu untuk tanggal, kalian bisa menyebut tanggal tersebut sudah akurat maupun masih sekedar estimasi.

Gramps akan membuat laporan secara detail. Laporan tersebut bisa berbentuk tunggal maupun berupa kumpulan berkas.

Salah satu hal yang unik dari Gramps adalah, adanya dukungan terhadap semua jenis hubungan dan pernikahan. Misal hasil adopsi maupun pernikahan sesama jenis.

Sementara itu, saat ini telah ada pelabelan sebagai ‘cloned individuals.’ Yaitu ketika seseorang berlaku sebagai ayah dan ibu (single parent). Download

Family Historian 6

Sumber Gambar : Pricena

Bila kalian mencari aplikasi silsilah keluarga yang sederhana, maka Family Historian 6 patut kalian coba. Sebab dengan aplikasi ini, maka kalian bisa memasukkan detail seseorang hanya dengan sekali klik.

Walaupun sederhana, namun aplikasi kaya akan fitur seperti online/laman web, paperless charting, tool pencarian, peramban bawaan, serta tool untuk memetakan semua event dalam semua keluarga.

Terdapat sebuat tool bernama web hints. Tool ini akan menghubungkan kalian langsung ke website seperti MyHeritage, Ancestry.com serta FamilySearch.

Family Historian akan membuat sebuah dialog box yang berbeda. Dimana dialog box tersebut menyediakan informasi individu seperti anak/keturunan, pernikahan, dsb.

Data yang ditampilkan dikemas dalam bentuk field vertikal panjang. Dengan begitu, pengguna bisa mengubah data dengan mudah, serta bisa menambah banyak detail yang berhubungan dengan individu.

Begitu kalian sudah memasukkan tempat serta lokasi seseorang, maka Family Historian akan menemukan peta lokasi tersebut. Dengan begitu, kalian bisa mengetahui alamat masing-masing anggota keluarga.

Menariknya, pengguna juga bisa mengunggah gambar peristiwa penting selama perjalanan hidup ke aplikasi ini. Misalkan foto pernikahan, kelahiran, ulang tahun, dll. Download