Tips & trik

7 Tips Menghemat Kuota di Smartphone Android

Setiap smartphone yang berjalan pastinya membutuhkan internet untuk mejalankan aplikasi-aplikasinya. Jika kamu tidak menggunakan jaringan Wi-Fi, smartphone yang kamu gunakan membutuhkan data seluler yang memakan kuota untuk tetap terhubung ke internet.

Tapi, apa jadinya jika smartphone yang kita gunakan malah boros kuota internet? Mungkin ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar smartphone kamu lebih ramah terhadap kuota. Kali ini, Saya akan membagikan beberapa cara yang dapat kamu gunakan agar smartphone kamu lebih hemat kuota.

Tips Menghemat Kuota di Smartphone Android

1. Matikan Background Data

Secara diam-diam, ada beberapa aplikasi di smartphone kamu yang berjalan di background. Sudah pasti ini membuat baterai dan kuota smartphone kamu jadi cepat habis. Agar lebih hemat, kamu bisa matikan fitur Restrict Background Data dengan cara masuk ke Settings > Data Usage dan tap aplikasi yang mau kamu matikan background data-nya agar tidak tetap berjalan ketika aplikasi tidak digunakan.

2. Matikan Data Seluler pada Aplikasi yang Spesifik


Jika kuota kamu sudah tipis, cara agar kuota kamu tidak cepat habis adalah menonaktifkan data seluler untuk setiap aplikasi yang menyedot banyak kuota. Caranya, kamu tinggal pergi ke Settings > Data Usage dan pilih aplikasi yang data seluler-nya ingin kamu matikan.

3.Matikan Widget

Selain memakan memori, ternyata beberapa Widget suatu aplikasi bisa memakan kuota smartphone kamu lho. Walaupun kuota yang disedot tidak terlalu banyak, tapi ini terasa juga buat kamu yang kuotanya mau habis kan? Selain menyedot data dan daya, dengan tidak adanya widget, home screen smartphone kamu terlihat lebih bersih bukan?

4. Aktifkan Fitur Update Aplikasi Menggunakan Wi-Fi


Jangan lupa untuk aktifkan fitur update aplikasi menggunakan Wi-Fi di Google Play. Karena jika tidak kamu aktifkan, jika ada aplikasi yang membutuhkan update, Google Play akan langsung me-download file update-an walaupun kamu tidak tersambung ke jaringan Wi-Fi. Pastinya ukuran file yang di-download juga tidak sedikit dan akan menghabiskan kuota smartphone kamu.

5. Streaming YouTube dengan Kualitas Terendah

Jika kamu ingin menonton sebuah video di YouTube tapi kamu tidak mempunyai banyak kuota, kamu bisa mengakalinya dengan mengatur kualitas video YouTube jadi kualitas terendah. Dengan mengubah video yang ingin kamu tonton menjadi kualitas terendah, kuota yang tersedot untuk menonton video tersebut juga semakin sedikit.

6. Beli Aplikasi Versi Premium


Beberapa aplikasi dan game di smartphone mempunyai versi free dan versi premium. Biasanya, aplikasi versi free yang kamu gunakan akan menampilkan beberapa iklan ketika kamu menggunakan aplikasi tersebut. Ternyata, iklan yang kita lihat juga menyedot kuota kita lho. Jadi, jika kamu mempunyai uang lebih, alangkah baiknya jika kamu membeli aplikasi versi premium tanpa iklan.

7. Matikan Data Seluler Ketika Menggunakan Aplikasi Free

Jika kamu lebih memilih menggunakan aplikasi gratisan dengan iklan di dalamnya, kamu tetap bisa berhemat kuota kok. Kamu bisa menon-aktifkan data seluler atau mengikuti cara ke-dua untuk aplikasi tersebut jika aplikasi tersebut dapat digunakan tanpa menggunakan data seluler.

Itulah beberapa tips hemat kuota yang bisa kamu gunakan agar kuota di smartphone kamu tidak cepat habis. Jika kamu punya tips lainnya, mungkin kamu bisa tinggalkan di kolom komentar.

Comments

indraupax.com adalah website yang mengulas tentang tips dan trik informasi seputar gadget dan teknologi terkini.

Ingin menerima berita terkini setiap hari ?

Copyright © 2012 - 2017 indraupax.com

To Top