Berita

Tes Kepribadian Online dan Analisa Profil Facebook Milikmu

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya bagaimana karakter dirimu sebenarnya. Sebuah website buatan Universitas Cambridge mungkin bisa menjawab pertanyaan itu. Kamu bisa tes kepribadian online dan melihat prediksi gaya hidup beserta beberapa hal yang mungkin terjadi di masa depan.

Universitas Cambridge mengembangkan sebuah website dengan nama Predictive World. Website ini akan memberikan demonstrasi identifikasi karakter atau kepribadian diri. Yang menarik, game Watch Dogs 2 menjadi inspirasi website ini.

Demonstrasi Tes Kepribadian Berdasar Akun Facebook

Yang perlu kamu lakukan untuk melakukan tes kepribadian di website ini hanyalah menghubungkan akun Facebook atau mengisi beberapa pertanyaan mendasar. Setelah itu kamu bisa melihat hasil prediksi karakteristik dan gaya hidup selama ini.

Memang tidak semua data dari Facebook akurat (toh besar kemungkinan kamu tidak mengisi sejujurnya). Tapi kamu bisa mengisi data dengan benar di website ini supaya hasilnya lebih akurat. Data yang kamu masukkan hanya tersimpan sementara selama sesi prediksi karakter ini.


Ada banyak kriteria yang akan membentuk profilmu. Ada psikologi, kesehatan, lingkungan, keluarga, pekerjaan, atau kesukaan / hobi. Masing-masing masih memiliki sub-kategori lagi.

Saat kamu arahkan (hover) kursor ke salah satu kriteria, website ini akan menampilkan informasi terkait. Sementara di sudut kanan bawah akan muncul penjelasan dan fakta sesuai kriteria tersebut.

Apa Yang Terjadi Dengan Data Kepribadian Online?

Lalu kamu mungkin bertanya, apa yang bisa ditarik dari prediksi karakter dan gaya hidup ini. Mungkin lebih tepat lagi kalau pertanyaannya adalah bagaimana data ini digunakan di kehidupan nyata.

Yah, kamu bisa mencoba dan menganggap tes kepribadian ini untuk seru-seruan. Sekedar melihat “ramalan nasib”. Tapi bisa juga dari sudut pandang yang lebih serius.

Predictive World melakukan analisa berdasar profil digital yang tersedia. Hasil profil ini bisa jadi sebuah demonstrasi bagaimana sebuah perusahaan (tempat kamu melamar kerja, simulasi asuransi, akuntabilitas bank, dll) bisa melihat kepribadian berdasar profil media sosial dan kondisi lingkungan seputar dirimu.

Saat ini, teknologi artificial intelligence semakin gencar dikembangkan. Di masa depan, bukan tidak mungkin tes kepribadian seluruhnya dilakukan secara online. Baik dari profil media sosial sampai wawancara Skype. Sebagai contoh, kalau kamu melamar pekerjaan di luar negeri.

Di sisi lain, kamu juga bisa membayangkan bagaimana Facebook, Google, atau perusahaan lain, membentuk profil pengguna sebagai dasar fitur yang mereka tawarkan. Misalnya berita terbaru, saran belanja, atau iklan.

Media sosial seperti Facebook memang bisa jadi pisau bermata dua. Di satu sisi bisa berguna untuk bersosialisasi dengan teman yang jauh atau mengembangkan usaha. Di sisi lain, kita memberikan profil kepribadian secara sukarela dan terbuka.

Semua tentunya kembali lagi bagaimana kamu menggunakan media sosial. Sejauh mana kamu membagi informasi. Kalau tepat, media sosial seperti Facebook bisa jadi tempat berguna.

Mungkin setelah mencoba website ini dan melihat profil karaktermu, kamu bisa sedikit melakukan refleksi. Bagaimana membentuk gaya hidup yang lebih baik, dan bagaimana menggunakan media sosial dengan tepat.

Comments

indraupax.com adalah website yang mengulas tentang tips dan trik informasi seputar gadget dan teknologi terkini.

Ingin menerima berita terkini setiap hari ?

Copyright © 2012 - 2017 indraupax.com

To Top