Tips & trik

Cara Menyembunyikan Percakapan di WhatsApp

Sebagian dari kita pasti merasakan rasa cemas ketika membuka WhatsApp di tempat umum. Alasannya sederhana, kita khawatir ada orang yang mengintip percakapan kita atau daftar kontak percakapan di WhatsApp.

Kasus lain, misalnya ketika Anda bersama orang dekat seperti teman-teman. Mereka tentu sangat akrab dengan Anda dan tidak cemas ketika menggunakan smartphone di sebelah mereka. Namun, Anda tidak ingin mereka mengintip siapa saja yang melakukan percakapan di WhatsApp.

Beruntung, WhatsApp menyediakan berbagai fitur untuk menyediakan privasi Anda. Salah satunya adalah fitur ‘archive chat’. Setiap percakapan dengan daftar kontak Anda bisa dimasukkan ke folder archive chat sehingga tidak tampil di halaman depan aplikasi WhatsApp.

Saya sudah merangkum langkah menyembunyikan chat di archivedchat.

1. Pilih percakapan yang ingin disembunyikan

Saat Anda membuka aplikasi WhatsApp, akan tersaji halaman berisi seluruh percakapan yang terjalin dengan kontak Anda. Pilih percakapan yang ingin Anda sembunyikan di ‘archive chat’, misalnya percakapan dengan pacar atau seseorang yang sedang Anda dekati.


Tekan percakapan dengan kontak tersebut hingga tampilannya di layar berubah menjadi warna abu-abu. Jika sudah dilakukan, Anda akan melihat tampilan aplikasi WhatsApp dibagian atas berubah.

2. Pilih ikon ‘archive chat’

Pada bagian atas tampilan WhatsApp akan muncul deretan beberapa ikon. Pilih ikon yang paling kanan berupa sebuah box dengan ikon tanda panah ke arah bawah. Ikon tersebut mewakili fitur ‘archive chat’.

Jika Anda memilih ikon tersebut maka percakapan dengan kontak yang Anda pilih nanti akan menghilang serta dibagian bahwa muncul notifikasi bahwa pesan berhasil masuk ke fitur ‘archive chat’


3. Mengetahui lokasi ‘archive chat’

Anda mungkin bingung, kemana perginya percakapan dengan kontak tadi? Tenang, setiap pesan yang masuk ke ‘archive chat’ bisa Anda temukan di bagian paling bawah dari daftar percakapan Anda.

Anda harus menggeser daftar percakapan di aplikasi WhatsApp hingga ke paling bawah. Anda akan melihat ada sebuah teks menu bertuliskan ‘Archived chats’ dilengkapi dengan angka yang mewakili jumlah percakapan yang ada di dalamnya.


Pilih menu tersebut, maka Anda akan dialihkan ke halaman ‘archived chat’ yang berisi daftar percakapan yang dimasukkan ke fitur ‘archive chat’.


Comments

indraupax.com adalah website yang mengulas tentang tips dan trik informasi seputar gadget dan teknologi terkini.

Ingin menerima berita terkini setiap hari ?

Copyright © 2012 - 2017 indraupax.com

To Top