News

Apple Watch Bisa Deteksi Penyakit Hipertensi dan Apnea

(Foto: Reuters)

Saat diluncurkan, Apple Watch awalnya terkenal sebagai perangkat penunjang iPhone. Apple Watch menyediakan layanan untuk mengirim dan menerima e-mail, pesan, menerima pemberitahuan dari berbagai aplikasi, memutar musik, serta membantu memantau kebugaran dengan tersedianya sensor detak jantung.

Meskipun begitu, tak lama ini Apple Watch tampaknya melakukan sebuah perkembangan yang mengacu pada kesehatan, seperti tersedianya kemampuan untuk mendeteksi penyakit jantung. Saat ini, menurut penelitian baru yang diadakan oleh Cardiogram dan Universitas California San Francisco, Apple Watch dapat mendeteksi masalah kesehatan, seperti apnea (gangguan pernapasan saat tidur) dan hipertensi, dengan keakuratan masing-masing 82% dan 90%.

Hal tersebut berkat fungsi jaringan syaraf dari Cardiogram bernama DeepHeart yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk membantu menginterpretasikan data dari detak jantung dan hitungan langkah pengguna. Dengan demikian, hal ini mempermudah penguna untuk mendeteksi gejala penyakit lebih dini, bukan mendiagnosisnya.

Walau sebatas terdeteksinya gejala, pengguna dapat segera memeriksakan kesehatannya secara medis lebih dini berdasarkan hasil deteksi tersebut sebelum terjadi kemungkinan yang lebih buruk.

“Idenya di sini adalah dengan penyaringan secara terus-menerus, Anda dapat mengidentifikasi orang-orang yang memiliki hipertensi, yang mungkin mereka pun tidak menyadarinya. Lalu Anda bisa memandu mereka untuk mendapatkan diagnosis akhir yang lebih tepat, yaitu melalui alat ukur tekanan darah dan perawatannya,” kata pemimpin sekaligus pendiri Cardiogram, Johnson Hsieh, sebagaimana dilansir dari Ubergizmo, Selasa (14/11/2017).

Comments

indraupax.com adalah website yang mengulas tentang tips dan trik informasi seputar gadget dan teknologi terkini.

Ingin menerima berita terkini setiap hari ?

Copyright © 2012 - 2017 indraupax.com

To Top