News

5 Smartphone Paling Aman yang Nggak Bakalan Bisa Ditembus Hacker

Smartphone yang diklaim perangkat canggih tersebut rupanya bukanlah barang yang aman. Perangkat tersebut pada dasarnya tidak menjamin keamanan privasi penggunanya. Tanpa disadari, smartphone yang selalu kamu bawa ke mana-mana itu bisa menjadi alat pelacak berbahaya. Privasi yang kamu jaga setengah mati ternyata bisa dengan mudah dibobol oleh hacker.

Jadi kesimpulannya, perangkat smartphone bisa sangat membahayakan penggunanya lho sobat. Tetapi jangan khawatir, karena saat ini telah dikembangkan beberapa smartphone yang secara sengaja disematkan fitur-fitur khusus untuk menjadi HP paling aman dan tidak mudah dibobol oleh hacker. Penasaran apa saja daftar smartphone canggih tersebut? Yuk simak penjelasan Jaka berikut ini.

5 Smartphone Paling Aman yang Nggak Bakalan Bisa Ditembus Hacker

1. Blackphone 2



Blackphone 2 adalah smartphone yang dibuat oleh Silent Circle, yakni sebuah perusahaan yang berfokus pada keamanan privasi konsumen untuk semua produk dan layanan yang mereka buat. Nah untuk smartphone yang kedua mereka ini, Blackphone 2 berjalan menggunakan sistem Android yang diberi nama Silent OS. OS tersebut dilengkapi fitur yang memungkinkan penggunanya dapat mengontrol setiap akses pada seluruh aplikasi data.

Blackphone 2 dengan sengaja tidak dilengkapi dengan fitur biometrik karena dianggap kurang efektif lagi dalam hal keamanan. Namun sebagai gantinya smartphone ini dilengkapi fitur enkripsi AES 128-bit pada seluruh data yang ada di memori. Sehingga untuk membuka enkripsi tersebut pengguna harus memasukkan password atau PIN.

Menariknya lagi, Blackphone 2 juga mendukung fitur enkripsi panggilan dan SMS, juga teknologi CIDS di dalam smartphone ini yang akan memberi tahu pengguna apabila ponsel terhubung ke menara BTS yang tidak aman alias mencurigakan.

2. Google Pixel



Smartphone buatan Google ini sudah pasti memiliki fitur keamanan yang tidak boleh dianggap remeh. Selain didukung dengan fitur biometrik yang khusus, Google Pixel juga dibekali dengan fitur enkripsi full disk AES-256 yang mampu menyamarkan data lebih aman lagi. Terlebih fitur Sandbox pada ponsel ini juga sangat berguna, yakni dapat membuat ruang terpisah antara data pribadi dengan data yang lainnya, sehingga dijamin sangat aman dari ancaman hacker.

3. iPhone 7



iPhone 7 memiliki fitur keamanan yang patut diacungi jempol, terlepas dari status iPhone 7 sebagai salah satu smartphone termahal saat ini. Fitur Touch ID Fingerprint ponsel ini memungkinkan pengguna bisa masuk ke dalam akses smartphone hanya dengan satu tap saja, dan terdapat juga fitur LastPass yang memiliki fungsi layaknya aplikasi perbankan dan layanan sejenis yang bisa mengingat username dan password.

iPhone 7 juga mendukung fitur enkripsi Full Disk AES 256-bit, menariknya untuk mengakomodasi fitur enkripsi tersebut smartphone ini dibekali dengan mesin enkripsi khusus dalam bentuk perangkat keras agar proses kecepatan membaca dan menulis bisa sangat cepat.

Meski tidak didukung pusat kendali aplikasi keamanan, namun iPhone 7 memiliki menu Privacy kuat yang memungkinkan pengguna dapat membatasi dan melacak sumber iklan yang dianggap tak aman dan mencurigakan.

4. Blackberry PRIV



Blackberry PRIV diklaim memiliki keamanan yang sangat tinggi. Inilah mengapa smartphone ini menggunakan nama PRIV yang merupakan singkatan dari kata privacy yang artinya pribadi. Jadi Blackberry PRIV adalah smartphone yang khusus dibuat agar bisa memberi keamanan privasi pada penggunanya.

Beberapa fitur keamanan Blackberry PRIV seperti picture-login digunakan sebagai cara autentikasi smartphone yang mudah namun di sisi lain bisa sangat kuat untuk mencegah orang lain menggunakan ponsel kita.

Bagi pebisnis, ponsel ini juga didukung aplikasi seperti WatchDox yang berfungsi sebagai wadah sharing secara pribadi, BBM Meeting untuk rapat online, dan yang paling menarik adalah fitur SecuSUITE yang memungkinkan pengguna dapat melakukan panggilan telepon secara pribadi.

Semua fitur-fitur di atas telah dilabeli sertifikat cryptograpt yang dikeluarkan oleh Blackberry Certimon sehingga dijamin sangat aman dan tidak mudah diretas oleh hacker kuat sekalipun.

5. Sirin Solarin



Smartphone buatan Sirin Labs ini layak menjadi ponsel high-end terbaik dalam hal keamanan dan perlindungan privasi pengguna. Smartphone ini dibekali fitur kemanan yang mumpuni untuk melindungi pengguna dari serangan siber. Smartphone yang diklaim memiliki fitur keamanan paling canggih ini dilengkapi dengan enkripsi full disk AES-256 bit yang memungkinkan kode yang diciptakan nyaris tak mungkin dipecahkan dengan mudah.

Menariknya lagi, untuk mengaktifkan mode keamanan pada smartphone ini hanya cukup menekan tombol khusus yang terdapat pada bagian belakang body ponsel. Keren sekali bukan!

Itulah beberapa daftar smartphone yang paling aman dan sulit diretas oleh hacker.

Comments

indraupax.com adalah website yang mengulas tentang tips dan trik informasi seputar gadget dan teknologi terkini.

Ingin menerima berita terkini setiap hari ?

Copyright © 2012 - 2017 indraupax.com

To Top