Tips & trik

Cara Singkat Atur Privasi Facebook

Media sosial adalah aplikasi yang paling sering digunakan saat ini. Karena terlalu sering, kini informasi seseorang bisa digali dari akun media sosial. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga privasi informasi yang ada di media sosial.

Facebook, misalnya, sebagai aplikasi media sosial terpopuler tentu menampilkan banyak data pribadi. Informasi tersebut mungkin masih aman jika hanya dilihat oleh teman di Facebook. Permasalahannya, semua orang yang belum berteman juga bisa melihat halamaan profil Facebook kita.

Oleh sebab itu, Facebook menyediakan fitur untuk mengatur privasi informasi maupun aktivitas penggunanya. Namun, dengan begitu banyaknya fitur yang berisi informasi penggunanya tentu sangat repot apabila harus mengeceknya satu per satu.

Facebook sudah menyiapkan fitur privacy checkup yang berisi 3 langkah sederhana untuk mengatur privas. Berikut langkah menggunakannya :

1. Masuk ke menu ‘Pengaturan’ aplikasi Facebook

Ketika Anda membuka aplikasi Facebook, akan disajikan halaman newsfeed atau linimasa. Untuk masuk ke pengaturan aplikasi Facebook, Anda cukup memilih ikon paling kanan yang ada di deretan bagian atas aplikasi Facebook.


2. Cari fitur “Privacy Shortcut’

Apabila Anda sudah ada di halaman ‘Pengaturan’ maka kini Anda harus mencari sebuah menu bernama ‘Privacy Shortcut’. Pada menu tersebut nantinya akan tersedia beragam pengaturan privasi fitur-fitur di Facebook. Untuk menemukannya Anda cukup menggeser ke bawah halaman ‘Pengaturan’ hingga menemukan menu tersebut.


3. Pilih ‘Privacy Check-up’

Anda akan disajikan beberapa menu lain dan bantuan untuk pengaturan privasi, namun langkah ini akan memakan waktu lebih banyak karena pengaturan privasi yang diberikan sangat detil.

Apabila Anda ingin pengaturan privasi yang lebih mudah dan cepat, Anda bisa memilih menu paling atas bertuliskan ‘Privacy Checkup. Fitur ini akan menyediakan 3 langkah yang berisi pintasan atau akses cepat untuk mengatur privasi dari akun Facebook penggunanya.


4. Mengatur privasi setiap informasi yang ada di akun Facebook

Ketika Anda memilih ‘Privacy Checkup’ Facebook akan memberikan 3 langkah pengaturan privasi untuk Anda. Pertama adalah pengaturan privasi unggahan Anda di Facebook.

Anda diberikan pilihan siapa saja yang bisa melihan unggahan Anda, apakah seluruh pengguna Facebook, teman Anda, atau teman Anda dengan pengecualian beberapa orang.


Lalu di langkah kedua akan berisi pengaturan serupa, tetapi ini berlaku untuk informasi yang ada di biodata pada halaman profil akun Facebook Anda. Misalnya siapa saja yang bisa melihat tanggal lahir, alamat tempat tinggal, pekerjaan, kampus, dan lain-lain.


Pada langkah terakhir Facebook akan menampilkan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi yang selama ini tersambung dengan akun Facebook Anda, misalnya untuk login atau membagikan unggahan Anda di media sosial lainnya.

Anda bisa memilih aplikasi yang Anda ingin hapus sambungannya ke akun Facebook Anda, dan mengatur siapa saja yang bisa melihat unggahan yang berhubungan dengan aplikasi tersebut.


Comments

indraupax.com adalah website yang mengulas tentang tips dan trik informasi seputar gadget dan teknologi terkini.

Ingin menerima berita terkini setiap hari ?

Copyright © 2012 - 2017 indraupax.com

To Top