Tips & trik

5 Tips Menggunakan Email dengan Efektif

Pada era teknologi modern seperti sekarang ini banyak dari kita yang ingin berlomba-lomba untuk meraih penghasilan yang melimpah dari internet seperti pemasaran online dan lain-lain. Sayangnya permasalahan-permasalahan kecil yang muncul seperti “bagaimana cara menulis dan membalas email yang efektif?” atau “bagaimana agar bisnis berkembang melalui email?” tidak dihiraukan oleh mereka. Ini adalah beberapa tips yang dibutuhkan agar dapat membuat email sederhana yang efeketif.

1 Sebelum menulis email, tentukan terlebih dahulu tujuannya. Biasanya email terdiri dari 2 tujuan, yaitu informasi dan Konfirmasi.

• Email yang bertujuan sebagai informasi misalnya rangkuman hasil rapat, pemberitahuan, atau berbagai dokumen lainnya.

• Email yang bertujuan sebagai konfirmasi misalnya memastikan janji pertemuan, menanyakan konfirmasi kepada vendor/suplier.

2. Saat menghadapi situasi sulit, email tidak bisa diandalkan dengan respon cepat. Pada dasaranya kita menggunakan email untuk keperluan pengiriman dokumen, karenanya sebagian besar dari kita hanya sesekali saja membuka email pada saat diperlukan.

3. Mulailah menulis email dengan singkat dan langsung pada tujuannya. Jika ternyata emailmu terlalu panjang sebaiknya revisi dan tulis secara singkat karena ada kemungkinan besar penerima emailmu akan membacanya di ponsel. Tulis isu-isu atau penjelasan yang akan disampaikan dalam bentuk poin-poin agar lebih mudah dipahami.

4. Memakai gaya bahassa yang sesuai. Sesuaikan gaya bahasa dengan penerima email. Menulis email yang tegas pada karyawan atau suplier yang tidak disiplin akan membuat mereka menghargaimu.Tetapi mengirim email dengan kalimat yang keras pada pimpinan tentu saja gaya bahasa yang tegas tidak cocok untuk diterapkan.

5. Pastikan juga cara penulisan email tidak terlalu agresif. Mungkin sebagian dari kita menganggap penulisan dengan huruf kapital akan mempertegas pendapat, tapi justru disisi lain penggunaan huruf kapital yang berlebihan akan menyebabkan penerima pesan terganggu dan bisa menganggapnya sebagai ungkapan rasa marah.

Comments

indraupax.com adalah website yang mengulas tentang tips dan trik informasi seputar gadget dan teknologi terkini.

Ingin menerima berita terkini setiap hari ?

Copyright © 2012 - 2017 indraupax.com

To Top