Video

(Video) Komparasi Video 4K dari iPhone X Lawan Panasonic Lumix DC-GH5

DxOMark sebelumnya memuji kamera milik iPhone X dengan memberikan skor 97 untuk kualitas foto yang dihasilkannya. Sekarang blog fotografi Fstoppers mengkomparasikan hasil rekaman video 4K dari iPhone X dengan kamera mirrorless profesional Panasonic Lumix DC-GH5.

Untuk kamu ketahui, iPhone X dilengkapi kamera lensa ganda beresolusi masing-masing 12 megapiksel dengan bukaan f2.4. Kamera telephoto dan wide-angle miliknya kini sudah mendukung Optical Image Stabilization (OIS), beda dari iPhone 8 Plus yang mendukung OIS di salah satu lensa kameranya.

Sehingga kamera iPhone X sudah mampu merekam video 4K 60 fps (frame per second). Tidak hanya itu, kemampuan merekam video gerak lambat (slo-mo) juga mendukung resolusi dan frame lebih halus yaitu 1080p pada 240fps.

Sedangkan Panasonic DC-GH5 adalah kamera micro four third yang dilengkapi dengan resolusi 20 megapiksel. Harganya sendiri tergolong mahal. Kamu bisa membeli kamera mirrorless ini di pasaran dengan harga di atas Rp 20 juta.

Nah bagaimana hasil kamera video 4K yang dihasilkan kedua perangkat? Fstoppers tidak memungkiri kamera iPhone X mampu merekam video 4K pada 24 fps dengan hasil yang sangat bagus. Profile warna video yang direkam iPhone X disebutkan sangat terang saat di siang hari, hampir menyamai Panasonic DC-GH5.

Dengan lensa dan sensor yang lebih besar, Panasonic GH5 lebih unggul saat video 4K diperbesar atau di-zoom. Video 4K dari kamera tersebut terdapat sedikit artifak lantaran mendukung bitrate lebih tinggi.

Berlanjut ke rekaman video 4K 60 fps, iPhone X menunjukkan tajinya. Fstoppers terkesan dengan hasilnya, Video dari iPhone X yang dihasilkan memiliki warnanya yang cukup tajam dan terang. Bahkan kemampuan merekam video slo-mo dengan resolusi 1080p pada 240 fps membuat mereka terkagum-kagum.

Meski Panasonic DC-GH5 menghasilkan gambar yang lebih baik karena bitrate-nya yang lebih tinggi itu, video yang direkam iPhone X diklaim memiliki kualitas yang sangat mendekati. Kamu bahkan tidak akan melihat perbedaannya.

Mengingat lensa, resolusi, dan bitrate yang dimiliki adalah lebih kecil, kamera iPhone X tentunya saja bukan lawan seimbang Panasonic GH5. Fitur OIS dan dan kemampuan merekam video dalam keadaan minim cahaya kamera iPhone X jelas di bawah Panasonic DC-GH5.

Kendati begitu, Fstoppers terkesan dengan kamera iPhone X yang mampu merekam video dengan kualitas yang sangat bagus. Bahkan kamu tidak akan menyangka, selama ini banyak video yang direkam mereka untuk proyek besar, macam iklan, menggunakan iPhone. Tentunya tradisi itu bakal berlanjut dengan iPhone X.

Selengkapnya komparasi iPhone X melawan Panasonic GH5 bisa kamu tonton di bawah ini:



Comments

indraupax.com adalah website yang mengulas tentang tips dan trik informasi seputar gadget dan teknologi terkini.

Ingin menerima berita terkini setiap hari ?

Copyright © 2012 - 2017 indraupax.com

To Top