Tips & trik

7 Hal yang Bikin Laptop Lebih Awet

Salah satu faktor dalam membeli laptop adalah durabilitas, bagaimana laptop bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

Meski demikian, Anda perlu tahu bahwa laptop akan bisa bertahan lebih lama jika Anda memperlakukannya dengan baik, mulai dari menyimpan, membawa, hingga menggunakan dengan benar.

Berikut adalah beberapa tips agar laptop bisa lebih awet

1. Pastikan Anda tahu keberadan laptop

Kesalahan paling mendasar saat memiliki laptop adalah membiarkannya begitu saja hingga Anda lupa keberadaannya.

Ini sangat penting karena laptop harus disimpan di tempat yang benar, jangan biarkan Anda tidak tahu sehingga laptop tiba-tiba dijadikan alas menggambar anak Anda.

2. Perlakukan laptop dengan baik

Laptop merupakan perangkat yang terdiri dari banyak sekali komponen sensitif. Untuk itulah Anda harus berhati-hati saat menggunakannya. Jangan memperlakukan laptop dengan kasar, bahkan saat Anda dalam keadaan sangat emosi sekalipun.

Selain itu, jangan gunakan laptop di permukaan yang tidak rata dan tidak stabil, serta jauhkan laptop dari cairan seperti minuman saat digunakan untuk meminimalisir kecelakaan yang tidak diinginkan.


3. Perhatikan bodi dan layar

Bodi dan layar merupakan dua bagian laptop yang paling mudah dilihat namun tidak kalah sensitif dengan komponen di dalamnya. Pastikan bodi dan layar dalam kondisi baik, serta pastikan tidak ada objek yang mengganjal saat layar akan ditutup.

4. Bawa laptop dengan hati-hati

Karena terdiri dari komponen yang sensitif, Anda juga harus membawa laptop dengan hati-hati. Usahakan membawa laptop menggunakan tas yang memiliki kompartemen khusus.


5. Bersihkan laptop secara berkala

Membersihkan laptop memang terdengar sepele, namun sangat penting. Semakin sering digunakan, maka laptop akan semakin kotor. Kotoran tersebut dapat mempengaruhi performa dan kinerja laptop. Misal, debu yang menumpuk di saluran udara apda laptop bisa membuat laptop mudah panas.

6. Perhatikan adapter

Sebuah laptop selalu hadir dengan adapter power. Jangan sekali-sekali mencabut dan menarik kabel adapter tanpa memegang bagian ujung yang menempel di laptop. Hal tersebut bisa membuat kabel adapter mudah rusak. Jika adapter rusak, selalu beli yang orisinil karena kualitas adapter sangat erat kaitannya dengan durabilitas komponen laptop.


7. Ketahui spesifikasi laptop, jangan paksakan untuk bekerja lebih berat

Mengatahui spesifikasi laptop sangatlah penting. Dengan mengetahui spesifikasi, Anda bisa mengetahui sejauh apa laptop Anda bisa digunakan. Jangan memaksakan laptop Anda untuk menjalankan software yang tidak kompatibel.

Misalnya, menjalankan game dengan spesifikasi minimum prosesor Intel Core i5 di laptop yang menggunakan prosesor Celeron.

Comments

indraupax.com adalah website yang mengulas tentang tips dan trik informasi seputar gadget dan teknologi terkini.

Ingin menerima berita terkini setiap hari ?

Copyright © 2012 - 2017 indraupax.com

To Top