Tips & trik

Tips cara mengetahui password yang kena hack

Rasanya, Anda tak pernah mencari atau mengakses apa pun yang aneh dari dunia maya. Tapi, apakah Anda benar-benar aman dari tindakan hack? Belum tentu. Selama masih berselancar ria di Internet, tidaklah ada jaminannya bahwa Anda akan aman-aman saja. Bisa aja, ada pihak-pihak tak bertanggung jawab yang melakukan tindakan hack terhadap password Anda, dan Anda tidak menyadarinya sama sekali.

Nah, kali ini saya akan memaparkan beberapa langkah agar password mau pun akun Anda di Internet tetap aman terkendali.

1. Cek Keamanan Password Anda! Sudah Maksimal atau Belum?


Ini langkah paling gampang dalam artikel ini. Jadi, apakah Anda sudah pernah mengaktifkan keamanan akun Anda? Atau, malah belum? FYI, beberapa platform mempunyai mekanisme two step verification. Sehingga, jika Anda mendayagunakan mekanisme tersebut, maka bakal agak meminimalisir peluang bagi akun Anda untuk terkena hack. Misalnya, sedang kurang beruntung dan terkena hack, Anda bakal tetap mendapatkan notifikasi bahwa ada yang sedang melakukan login dengan akun Anda di gadget yang berbeda.

2. Cek Seberapa Aman Password Anda!


Pernah memperhatikan hal ini? Jika Anda sedang melakukan sign up untuk membuat akun baru, pada banyak platform akan diberitahukan bahwa password yang Anda pergunakan bersifat lemah atau tidak. Nah, ada baiknya bagi Anda untuk mengikuti saran tersebut. Pastinya, Anda sudah mengetahui bahwa berbagai platform biasanya menyarankan untuk menggabungkan huruf dan angka untuk password. Hal itu dimaksudkan supaya pihak-pihak tak bertanggung jawab itu mengalami kesulitan untuk melakukan tindakan hack terhadap akun Anda, dikarenakan mereka harus mencoba banyak kombinasi terlebih dahulu.

Jadi, berusahalah untuk lebih kreatif lagi dalam membuat password Anda, ya!

3. Perhatikan Gejala-Gejala bahwa Anda Terkena Hack!


Dipastikan bahwa akan terlihat bahwa akun Anda terkena hack, karena ada hal-hal yang pastinya diinginkan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab itu dari akun Anda. Entah itu hanya berdasarkan keisengan untuk mem-posting foto-foto aib, membeli berbagai barang mahal, menjelek-jelekkan pihak lain, atau malah mengambil informasi-informasi tertentu dari akun Anda. Nah, pada langkah ini, Anda diharuskan untuk peka dengan adanya perubahan-perubahan yang mungkin terjadi pada akun Anda.

Oleh karena itu, usahakan untuk mengecek history atau pun notifikasi dari akun Anda dengan lebih sering. Siapa tahu, Anda mungkin menemukan adanya keanehan-keanehan.

4. Coba Cek Akun Anda! Sudah Pernah Terkena Hack atau Belum di Internet?

Berkat kemajuan teknologi, Anda sekarang sudah bisa mengecek apakah akun Anda pernah terkena hack melalui sebuah website. Nama website tersebut adalah Have I been pwned? Cobalah untuk membuka website tersebut, lalu Anda tinggal memberikan e-mail Anda. Dan, website tersebut bakal memberitahukan apakah ada yang telah mengetahui password Anda atau tidak. Anda juga bisa menguji password Anda. Apakah sudah cukup aman atau belum?

Pada akhirnya, ada baiknya bagi Anda untuk lebih peduli sekaligus waspada dengan password Anda sejak kini. Sudah banyak kejadian hack terhadap berbagai akun sekarang ini. Janganlah membuat password yang gampang untuk diingat saja, tapi pikirkan juga keamanan dari akun Anda. Anda tidak ingin data-data pribadi Anda yang harusnya menjadi privasi Anda malah diketahui oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab itu, bukan?

Comments

indraupax.com adalah website yang mengulas tentang tips dan trik informasi seputar gadget dan teknologi terkini.

Ingin menerima berita terkini setiap hari ?

Copyright © 2012 - 2017 indraupax.com

To Top